PraSidang Temanku… Keyakinan Diri

Sesaat tadi sebelum saya mengetik, saya mengikuti prasidang teman saya. Saya terlambat setengah jam, jadi ga bisa apa-apa… selain menyimak saja. Sebenarnya sih klo mau jujur, saya agak malas berangkat sebab pagi-pagi hujan gerimis sudah menyambut saya dengan dinginnya. Tetapi karena sudah berjanji saya akan datang, ya.. saya datang juga akhirnya.

Saat melihat teman saya menjelaskan kepada penanya, saya membayangkan diri saya… berada dalam posisi teman saya itu yang sedang sidang. Kira-kira nanti dosen penguji nanti akan bertanya begini begitu. Mampukah saya menjawabnya? Saya membayangkan situasi yang agak menegangkan, dosen pengujinya menggigit saya gitu.

Kemudian saya melihat program buatannya. Wah hasilnya menakjubkan gitu. Seperti buatan profesional deh. Jadi agak takut juga nih. Takut untuk meneruskan skripsi.

Hhhhh….. fuuuh…. (bernapas dalam-dalam) saya pikir-pikir itu hanyalah bualan pikiran semata. Saya kira… kita jangan melihat hasil akhir saja tetapi juga harus melihat prosesnya. Barangkali dari proses itu akan membentuk keyakinan kita untuk maju ke depan. Hasil akhir boleh jadi tidak sesuai dengan keinginan orang lain, yang penting apakah hasil akhir itu sesuai dengan tahapan proses yang kita lalui.

Hmm… saya kira masalah yang ada di dalam diri saya ini adalah keyakinan diri. Saya merasa ragu-ragu untuk melihat ke depan. Barangkali saya terlalu jauh melihat ke depan sehingga lupa bahwa saya masih ada di sini. Begitu juga saya terlalu jauh melihat ke belakang sehingga lupa bahwa saya masih ada di sini.

Pelajaran demi pelajaran baik dari sejarah diri maupun dari pencapaian orang lain mestinya benar-benar dijadikan pelajaran, bukan buat penyesalan. Duh… kalau mengingat masa lalu, benar-benar layak untuk dijadikan penyesalan. Tapi saya harus maju, harus melihat fakta. Tidak boleh melarikan diri lagi. Kalau tidak kapan akan maju??

Saya ingin suatu hari saat melihat ke belakang…. saya akan tertawa-tawa keras-keras betapa bodohnya saya ini dibandingkan sekarang. Saya ingin suatu hari saat melihat ke depan…. saya akan melangkah dengan penuh yakin dan semangat menerobos pintu-pintu masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: