Suasana Sidang… Fiuh…

Alhamdulillahirobbil’alamiin.. Alhamdulillah.. Allahuakbar. Sungguh terpuji Tuhan Penguasa langit dan bumi beserta isinya. Sungguh Dia telah memberikan rahmat dan kemudahan dalam menyelesaikan tugas akhirku.

Tahu ga, saya tuh pada waktu sidang tanggal 12 Feb kemarin saya kok merasa anteng gitu deh. Padahal tadinya sebelum sidang dimulai saya dah grogi, gugup, tegang sampe-sampe tanganku dingin dan gemetaran. Tapi pas mulai presentasi sidang, eh.. kok merasa biasa aja ya. Malah terasa seperti air yang mengalir.

Uniknya lagi waktu sidang yang seharusnya 2 jam ternyata dipendekin menjadi sekitar 1 jam saja. (O_o’) Padahal temanku yang sidang sebelum aku pada hari itu berdurasi 2 jam. Tak heran temanku kesel sama kajur TI yang merupakan ketua koordinator sidang karena saya dikasih waktu 1 jam doang sementara dia 2 jam. Tahu ga, ternyata pak kajur menanggapi, “Coba kalo kamu bisa menjawab semua pertanyaan pasti waktunya pendek”, kata beliau kalem.

Sungguh ini merupakan kemudahan yang diberikan Allah kepadaku… sungguh dibalik setiap kesulitan ada kemudahan. Sungguh terpuji Engkau ya Tuhanku yang menguasai jiwaku ini.

Barangkali saya dikasih waktu +- 1 jam karena hari sudah keburu sore. Soalnya saya sidangnya dari jam 3 sore. Sementara temanku itu jam 1-3 sore. Kali aja sih… lagian sebenarnya saya itu mestinya jam 1 – 3. Tapi ternyata diundur jadi jam 3. Tak tahu kenapa.. tapi saya bersyukur diberi perpanjangan waktu… loh kok?

Abisnya saat lagi nunggu giliran saya malah merevisi program di perpus.. bukannya belajar buat menghadapi sidang.. Sampe-sampe dikritik ma teman tuk jangan merevisi program pas mo sidang, mendingan belajar aja apalagi nanti sidangnya 2 jam tentu akan ditanya ini-itu. Ya elah… makanya pas dikritik itu juga saya udahan revisi programnya.

Terus belajar aja deh… Tapi saya bersyukur utak-atik program duluan, soalnya kebetulan modul bagian yang diperbaiki itu adalah modul yang diminta ditunjukkan oleh dosen penguji. Coba klo programnya masih error, bisa berabe deh… untung alhamdulillah… fuuh.. selamat… terima kasih ya Allah telah memberikan perpanjangan waktu… hm.. kok jadi kayak pertandingan sepakbola
ya… yang mana klo hasilnya seri diberi perpanjangan waktu buat menentukan pemenangnya.

Ohya.. mau tahu saya dapat berapa? Nilai saya itu 82 yang berarti B. Tapi klo kata dosen pembimbingku, nilaiku B+. Alhamdulillah…. padahal saya dibantai juga… tapi sayang saya ga dengar kata-kata pak kajur tentang dimana kekurangan dan kelebihanku dalam sidang… yah.. pendengaran saya payah sih…

Bicara soal itu, dalam sidangku itu ternyata dimudahkan oleh Allah. Ternyata dosen penguji kedua-duanya mengerti kondisiku ini. Malah tanya sama pak Kelik dan teman-teman yang hadir dalam persidanganku tentang keadaan saya. Saya lihat
mereka berkata,”Dia itu bisa membaca gerak bibir”. Dan kedua dosen itu mengiyakan aja.

Entah kenapa saya kok jadi suka sama kedua dosen penguji, ternyata mereka itu baik sekali. Ramah pula. Terima kasih ya Allah telah dimudahkan jalanku dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Memang sih ga semua pertanyaan yang diajukan itu dijawab benar. Tapi ada kejadian lucu. Pas ditanya ma dosen tentang hubungan tabel obat dengan tabel membeli yaitu apakah satu nota membeli dapat menampung data banyak obat? Saya jawab iya, eh.. semua dosen pada kaget termasuk juga dosen pembimbingku. Wah gawat.. saya salah menjawab… Terus dosen penguji itu kemudian meminta penjelasan gimana caranya supaya bisa, terus saya coba tulis di papan tulis…. eh ternyata ga bisa.. saya bilang sama dosen-dosennya.. “Eh.. ternyata ga bisa..”. Kontan semua dosen termasuk yang nonton pada “AAhh…oohh..”. Haha… memalukan.. tapi menyenangkan menjadi ingatan yang berkesan… setidak-tidaknya saya berhasil mengejutkan mereka semua…. hahahahaha…

Saya bersyukur berguru pada dosen pembimbingku, sebab saat saya menjawab semua pertanyaan dosen penguji, dosen pembimbingku langsung menjelaskan maksud saya itu apa. Eh.. ternyata klop banget gitu. Sampe-sampe dibilangin salah satu dosen penguji, “Wah bapak ini mengerti banget anak ini ya”. Terima kasih ya pak dosen pembimbing
atas bantuannya.

Yang jelas sidang yang saya hadapi ini benar-benar berbeda dengan yang pernah kudengar dan kulihat. Terlepas dari bantaian gara-gara landasan teorinya salah… sidang yang kualami itu tipe sidang nyantai klo boleh saya bilang. Tidak ada
saling menggigit satu sama lain. Saya benar-benar suka suasana ini.. benar-benar terasa suasana persahabatan dan kekeluargaan. Itulah keunikan FT jurusan Informatika UAI daripada yang lain.

Terima kasih ya Allah telah memantapkan hatiku untuk memilih UAI daripada universitas yang lain. Terima kasih ya Allah telah mengarahkanku untuk memasuki jurusan Informatika daripada jurusan Bioteknologi. Ternyata saya memang
keahliannya lebih cocok di Informatika daripada Bioteknologi.

Next… revisi laporan ah.. semoga bisa terbentuk hardcover.. Eh iya… saya dikasih tugas oleh pak kajur untuk buat paper. Gara-gara landasan teori yang salah malah saya disuruh buat paper terus ikut seminar di ITB… walah..walah… fuh.. siap-siap aje deh..

Tapi saya bisa lulus sidang karena dukungan teman-teman. Tanpa mereka.. tentu saya ga akan bisa ikutan sidang sekarang ini. Sebab programku itu kala batas pendaftaran sidang semakin mendekat masih banyak yang belum jadi. Eh… saya didorong ma teman-teman tuk daftar aja dulu program tar menyusul selagi nungguin sidang.

Terima kasih ya Fadli, Ria, Ida, Denny, Thiwie, Rahman, Nia, Reni, dan Dessy, serta Anggia atas doa dan dukungannya baik secara langsung maupun tidak langsung.. saya sungguh beruntung dan bersyukur bertemu kalian semua.. semoga ya Allah memudahkan jalan kita untuk menggapai cita-cita kita. Amiin.

Semangat teruss mengarungi kehidupan~!!

Dari kepompong aktif itu telah keluar kupu-kupu.

Sayapnya masih lemah.

Namun, hanya soal waktu dia akan terbang…

Tinggalkan Balasan

