Jalan-jalan…. Napak Tilas… Menyenangkan!

Haihai… saya pengin berbagi cerita ni.. ga tau kenapa.. tapi mood saya lagi senang aja. Well.. Sabtu kemarin, saya pergi-pergi ke lebih lima tempat berbeda dalam satu hari loh…. wohoho… hebat juga saya ya… staminanya termasuk oke juga.. padahal mulainya dari jam 8an pagi sampe jam 7an malam lo. Niatnya sih.. cuman pengen meminta surat pengantar buat perpanjangan KTP dan napak tilas masa sekolah… tapi ternyata merembet kemana-mana… Apaan sih? Ya… baca aja deh.

Mulai dari ke rumah pak RT dulu terus ke RW tuk minta surat pengantar perpanjangan KTP, terus ke SALITI buat napak tilas masa SMP. Saya sempet-sempet masuk SMP segala. Ternyata sepi juga… mungkin lagi libur karena ada ujian nasional kali ya?? Yang jelas kayak hari Minggu aja deh rasanya. Sebab ada yang lagi ekstrakurikuler yaitu paskibra deh. Kayak dulu, yang setiap hari Minggu selalu ada bermacam-macam ekstrakurikuler.

Dulu saya ikut klub basket. Enak deh rasanya. Tubuh terasa bugar. Ehehe… saya dulu pernah bisa shoot 3 point loh… hehehe… sayang ga terbukti di pertandingan, koz saya ga berhasil masuk ke tim inti; dengan kata lain cadangan… T_T

Well di SMP ini saya melakukan sholat Dhuha disitu. Ternyata mushollanya sepertinya ga banyak berubah deh. Well, setelah sholat, saya langsung memulai acara napak tilas melewati komplek Sekretariat Negara.

Pada napak tilas ini saya melakukan penyelusuran perjalanan pulang waktu saya sekolah SD dan SMP dulu. Dulu saya sering lewat komplek Sekretariat Negara. Makanya saya melakukan napak tilas sekalian mengetahui kayak apa perubahannya. Ternyata banyak juga perubahannya ya…. tapi secara garis besar ga banyak berubah. Tapi uniknya setiap mimpi saya selama ini selalu berkaitan dengan kawasan Sekretariat Negara ini.

Pernah waktu saya melewati beberapa bagian di kompleks, saya tiba-tiba teringat mimpi yang terkait dengan bagian ini… jadinya bukan untuk mengenang masa lalu malah napak tilas mimpi deh… hahahaha… abis.. kebanyakan mimpi gue kok berkaitan
dengan kawasan SekNeg ini.. entah kenapa ya??? Ohya selagi napak tilas saya mengambil beberapa biji tanaman loh… lumayan buat oleh-olehnya.

Nee… Anda-anda mungkin bertanya-tanya kenapa saya mesti melakukan napak tilas ini? Soalnya sih saya merasa perlu mencari jati diri saya yang mulai hilang ini. Semakin hari semakin saya melenceng dari seharusnya… makanya saya perlu mengenali diri siapa saya ini. Barangkali dengan napak tilas ini saya bisa menemukan sesuatu yang sudah lama saya cari ini.

Banyak juga kenangan indah dan menyenangkan sekaligus menyebalkan di kompleks Sek Neg ini. Seperti salah satunya, sering main ke rumah Faisal, teman waktu SD, setiap kali pulang sekolah SD dan SMP. Kala itu saya bersama Zainal, Oki, Ikhsan, dan Andri main sepak bola di rumahnya. Makanya tak usah heran saat pulangnya, pakaiannya dah kotor-kotor dan tak jarang pula diomelin ma ibuku… hahaha..

Pernah juga di kawasan ini saya kena palak ma preman cilik (apa licik??) yang umurnya sebaya ma gue. Dulu saya ketemu sekelompok 3 orang yang salah satunya anak gendut. Anak gendut ini tanpa ragu-ragu, dan basa-basi langsung main tinju ke perut saya. Tapi anehnya… saya kok ga merasa sakit sama sekali.. Sampe-sampe anak gendut dan kelompoknya pada bingung kok saya baik-baik aja. Nah pada saat itu saya langsung lari, dan mengejek mereka semua, “Wee, ga sakit wee…” Haha… but… klo dipikir-pikir sekarang… rupa-rupanya Allah telah melindungi saya sejak dulu… subhanallah alhamdulillah.. terima kasih ya Allah.

Hm… sebenarnya sih ga cuman sekali aja.. pernah setidak-tidaknya udah 4 kali ya… wah… untung alhamdulillah selama SD belum pernah saya berhasil dipalakin alias ngasih duit. Tapi pas SMP, sial premannya berhasil dapat duit 5000 rupiah. Kessel. Sebenarnya sih saya bisa aja ngelawan mereka semua. Tapi saat itu lagi barengan ma teman-teman.. saya ga mau sampe ada yang terluka. Cuman yang membuat saya kesal banget adalah teman-teman itu kok kayak malah temenan ma preman.. Akhirnya sejak saat itu saya pilih-pilih teman.. dicari yang baik-baik aja buruk-buruk sih ga usah deh.

Well… lanjut jalan menuju ke jalan Cidodol. Disini saya pernah mengalami penjambretan jam tangan waktu SD. Mana jam tangan itu punya kakakku.. huuuh sedih kala itu, saya gagal menjaga amanah.. tapi setidaknya saya jadi lebih punya keberanian tuk menghadapi orang khususnya yang berniat jahat. Walaupun ga semuanya sih…. *malu* ehehe….

Di jalan Cidodol ini ada rumah teman saya waktu SD, SMP, dan SMU, yaitu Kiki. Wah.. dulu tuh waktu SMU selalu barengan baik berangkat maupun pulang, sehingga di SMU dikenal dan dikirain sebagai saudara sekandung. Wahaha… walau pada akhirnya ga pernah sekelas.. sayang ya. Pada perjalanan napak tilas saya tidak kerumahnya soalnya pada hari gini biasanya dia ga ada di rumahnya. So… lanjut ke kompleks Hankam.

Di kompleks Hankam ini saya waktu kelas TK sampe kelas 2 SD sering main ke sini. Biasa… main petak umpet, sepeda, lari-larian. Tapi disini juga ada peristiwa kelam… paman saya terjatuh dari sepeda motor, yang kemudian sepeda motornya dicuri orang. Saya merasa pernah melihatnya langsung… walau begitu saya ga merasa yakin melihatnya.. tapi gara-gara itu paman saya sejak saat itu ga bisa menekuk kakinya lagi…. menyedihkan juga ya. Well setidaknya bisa diambil hikmahnya saja. Pasti di setiap kejadian ada hikmah dan manfaat yg dapat diambil.

Well…. napak tilasnya berakhir sampe di kawasan Hankam ini. Karena dari situ tinggal jalan sedikit dah nyampe ke rumah gue,
tapi saya ga mau perjalanan hari ini berakhir begitu aja makanya saya langsung ke plan B yaitu ke blok M dan Sumenep. Maka itu, saya langsung ke Blok M.

Di situ saya segera ke Gramedia. Disitu saya baca sepuas-puasnya. Baca buku “Yesus Ternyata Muslim”, asyik juga bacanya… saya dah baca satu bab loh… untuk seterusnya ga sanggup soalnya dah capek berdiri ditambah leher dah pegel-pegel. Ah… rupa-rupanya harus banyak berlatih dulu ya… maksudnya berlatih baca buku sambil berdiri hehehe….

Well, saya akhirnya baca yang lain… apaan gitu deh… lupa. Kebanyakan sih… baca buku bertema PHP.. lumayan nambah ilmu. Dan menjadi target buat dibeli hehehe….. saya berencana tar beli buku PHP yang berjudulnya kira-kira “Membuat PHP Terlihat Profesional” dan “AJAX”… sama “PHP Dengan CSS”. Gitu deh. Klo ada duit dan waktu sih… atau ada yang berkenan kasih buku gratis ga ya…. *berharap* Terus juga lihat bagian komik… tapi sayangnya komik YuGiOh… dah habis… bah.. tapi toh ga ada niatan tuk beli.. koz cuman bawa duit dikit. Cuman cukup buat beli majalah Flona aja.

Abis Gramedia terus sholat Zuhur lalu cabut ke Pasaraya Grande tuk narik duit via ATM terus ke lantai Basement1 buat makan ke resto Hoka-hoka Bento. Enak juga… cuman yang ga enak disitu suasananya.. uh… seperti kata hatiku… dan ternyata emang ga enak… soalnya saya diliatin ama bapak-bapak yang lagi kencan ma ceweknya entah istrinya ato apaan gitu. Apalagi diliatinnya pake tatapan tajam… saya ya.. merasa aneh gitu. Terus saya balas dengan senyum dan anggukan kepala… eh orangnya angguk kepala juga.. jadi si pasangannya ikutan noleh juga ke gue. Ehehe…. pasangannya cemburu nih… masak si bapak2 itu sampe
pake ngerayu-rayu cewenya… hahahaha…. rasain elo!!! Pake pelototin orang yang lagi asyik makan juga…. syukurin telah membuat acara makan gue jadi ga enak.

Abis itu solat Ashar kemudian cabut ke Sumenep via Busway. Uh… nunggunya itu luuammmmmmmmaaaaaaaaaaa banget.. mana antrian nyek. Sudah kuduga… klo siang ma sorean pasti rame…. ah ini mah dah biasa.. Dulu waktu mo ke lapangan Banteng, saya sering naik Busway siang-siang jadi ga heran deh rame dan antrian. Pokoke… klo mau naik busway siang-siang jangan pernah naik via halte Blok M, lebih baik naik dari halte Masjid Agung. Dijamin ga pake antrian… dan klo beruntung dapat tempat duduk pula. Lagian tempat haltenya ga jauh dari CSW lo.. lumayan hemat waktu daripada lewat CSW terus ke terminal Blok M lalu naik busway disitu… antri.. macet pulak.

Di Sumenep ngapain? Ya… apalagi klo ga ke toko ikan dan tanaman air.. wuih asyik banget lo. Bisa berbincang sepuas-puasnya ma pedagang akuarium laut.. lumayan buat nambah ilmunya. Sampe dikasih tempat duduk segala.. jadi deh ngalor ngidul tentang ikan, akuarium. Terus jalan-jalan cari target ikan apa yang mo dibeli buat akuariumku yang sekarang sepi; diisi cuman 2 ekor ikan Red Eye Tetra aja. Kasihan ya.. Tapi alamak ikan pilihanku yaitu Tetra Kardinal mahal juga… 80ribu untuk 10 ekor… grembel. Jadi cari yang lain ajah deh… akhirnya setelah lihat-lihat diputuskan tuk beli ikan Neon Tetra ma Tetra Kardinal tar coba tawar-tawar dulu deh siapa tahu bisa murah.

Tapi sebelumnya saya mampir dulu ke tanaman air langganan gue. Terus tanya ada tanaman air yang baru ga… eh ditanya tanaman air yang dulu kubeli itu masih hidup apa ga… saya bilang masih…. wajar aja sih… soalnya saya heran masak ada tanaman keladi yang bisa hidup di air… sampe saya bilang ma pedagang itu ga percaya bahwa itu tanaman air… soalnya sih… tanaman keladi itu saya dah pernah lihat tapi ga di dalam air. Makanya saya beli buat eksperimen bisa pa ga di dalam air, sekalian saya coba untuk didaratkan.

Ternyata tanaman keladi itu bisa hidup di dua tempat: menjadi tanaman terestrial sekaligus tanaman air. Wah hebat ini…. Makanya pedagang itu nanya bisa pa ga. Abis itu… dia nunjukkin aku tanaman langka: Crinum calamistratum. Woaaa…. tiba-tiba saya ditawarin tanaman langka… jarang-jarang bisa ditawarin loh…. Wuih… akhirnya impian saya terkabulll ….. HORRAY!!!!! Akhirnya dapat juga…. selama ini saya selalu membayangkan di depan akuariumku nanti di pojok kanan itu ada tanaman Crinum calamistratum. Ternyata bisa terkabul juga. Syukur alhamdulillah. Ternyata impianku ini ada gunanya yach??? Haha…

Setelah itu…. pulang… ga jadi beli ikan. Hahaha…. soalnya sih.. tanamannya rentan. Maklum saat ditanam masih belum berakar kuat, takutnya klo diulik-ulik ikan sedikit malah akan “terbang”. Tar aja deh sampe tanamannya sudah melewati masa aklimatisasi baru silahkan ditambah penghuni baru.

Tapi… ternyata ga pulang… setelah sholat maghrib di mesjid.. malah jalan-jalan ke ITC Permata Hijau. Tetapi disana ga lama-lama… maklumlah…. saya sering lewat tempat ini…. yaa… tak heran kan rumahku deket banget dengan ITC PH. Apalagi saya sering belanja disini klo ada perlu. Akhirnya pulang aja ke rumah, toh saya lagi bawa-bawa tanaman air Crinum takutnya nanti jadi kering kerontang. Sayang kan.

Setelah sampe, baru saya tanam Crinum…. woah indahnya…. ternyata tanaman ini mirip Nolina. Hm…. kenapa ga disebut nolina air aja ya? Kenapa pake nama latin? Masak sih tanaman Crinum calamistratum ga punya nama populer ya? Ya udah mulai sekarang saya sebut tanaman Crinum calamistratum itu nolina air.

Yoah… seru juga hari itu…. membuat saya senang sekali… walau ada masa ga enaknya yaitu di resto… tapi gapapa lah. Sekali-kali sedikit garam dulu biar masakan jadi enak, iya `kan to?

2 Komentar (+add yours?)

  1. kertas pasir
    Jan 09, 2011 @ 14:13:23

    iya jadi kangen maen bola di rumah faisal,makan2 di rumahnya,shalat jum’at,deg2an papasan ama anjing,…memanggil memori
    jodoh loe di sekne kali ampe mimpi2

    Balas

    • Arkden
      Jan 09, 2011 @ 14:31:21

      Iya jadi ingin nostalgia ma temen-temen SD dan SMP. Hehe sholat jumatnya ga bener kala itu :)) . Inget anjing jadi ketawa dah, sejak saat itu lo suka kabur liat anjing yah😀 . Hehe klo kata orang: jodoh kan ga kemana-mana. I wish…

      Balas

Tinggalkan Balasan

