Makna, Hikmah, Jawaban Ramadhan

Waah.. sudah lama sekali gak nulis postingan blog.. yuhuuuiii😀 Topik apa kali ini? Yoi’i.. let’s see… mumpung Idul Fitri so.. mohon maaf lahir batin yaa.. met Idul Fitri 1430 H!

Oke, ganti topik. Selama bulan Agustus-September ini, saya mendapatkan banyak sekali pelajaran penting dalam hidupku ini. Dimulai dari mimpi gak jelas tapi terasa nyata sekali. Mimpi ini terjadi tiga kali dalam waktu yang berbeda, tapi inti pesannya sama.

Sepertinya hendak mengatakan sesuatu tetapi tidak bisa dikatakan.. oh.. so bugger. Udah bermuka muram banget, gangguin lagi… klo sampe mimpi keempat, tar saya bawa pedang Ultima Weapon tuk sambet dia.. biar tau rasa dia.

Anyway.. sampe saat ini saya belum menemukan makna penting dari mimpi itu… tapi setelah dipikir-pikir… … … mungkin sudah terjadi, hanya saya belum menyadarinya. MAYbe yes.. maybe not. Whatever.

Kemudian tiba-tiba tanpa angin tanpa api tanpa asap (mungkin sudah dikasih air kalii) saya masuk dalam suatu proyek penelitian di kantorku. Subhanallah walhamdulillah… lumayan dapat uang saku hehe.. Katanya si gantiin teman yang keluar. Apapun itu saya berusaha terbaik. Rezeki memang gak kemana-mana ya… Tapi jadi sibuk wae..

Lalu dilain waktu tiba-tiba saya dihilangkan dari daftar teman. Awalnya sedih juga, tapi setelah dipikirkan.. ternyata makna manfaat jauh lebih besar daripada ruginya. So why worries? Mungkin inilah jalan terbaik.

Anyway.. tadinya sempet mo menghilangkan jejak diri darinya.. tapi ternyata Allah tidak ridho dengan rencanaku. Terbukti saat saya hendak bersedekah, dipersulit. Biasanya si gampang-gampang saja, tapi entah mengapa kali ini begitu sulit sekali. Kemudian kata hatiku, bahwa Dia tidak ridho dengan rencana itu karenanya dipersulit.

Sadar dengan itu, akhirnya saya berkata dalam hati bahwa saya tidak jadi melakukannya.. biarlah saya bertahan menghadapinya. Subhanallah… tiba-tiba begitu lancar saat saya mo bersedekah… padahal kemarin begitu sulit sekali. Tanya kenapa (dan jawab sendiri ya heheh). Tapi yang pasti saya menyadari bahwa mesti bersabar dalam menghadapi segalanya serta berkepala dingin dalam problem apapun, jangan emosional… I hope I can do it very well…

Di hari Idul Fitri ini.. saya melihat sebuah keajaiban. Gak jauh-jauh. Saudaraku berubah sedemikian besar… dulu dia enggan jika mau berkeliling untuk salam-salaman yang biasa jadi tradisi lebaran di Indonesia. Saya masih ingat, setahun lalu.. setelah solat Id, dia malah pergi ke Monas bukannya berkeliling-liling tetangga dahulu. Padahal tetangga pada nanya tentang dia… dan saya pun gak enak sendiri dalam menjawabnya.

Sekarang, dengan kesadaran sendiri, dia akhirnya mau berkeliling. Subhanallah… jadilah lebaran kali ini terasa begitu indah dan bermakna.. Walaupun pada lebaran kali ini saya masuk kerja (tahun lalu tidak), tapi itu tidak mengurangi keindahan lebaran kali ini.

Hehe.. mungkin saya ini tergolong pekerja yang bandel, karena sengaja telat masuk pas lebaran. Seharusnya si masuk jam 7 pagi, tapi saya datang jam 11. Mengapa? Karena saya hendak mendahulukan prioritas utama yaitu solat Id bersama sodaraku, dan berkeliling silaturahmi ke tetangga.

Soalnya si.. momen lebaran seperti ini lebih mantap jika bersama keluarga.. apalagi jika ada apa-apa di rumah, kepada siapakah kita meminta pertolongan jika tidak tetangga? So.. I am take a risk for that.. Alhamdulillah saat di kantor hari itu gak terjadi apa-apa.

Barangkali inilah keindahan dan keajaiban bulan Ramadhan.. jika saja keajaiban ini terjadi setiap hari dan dalam hal percintaan tentu terasa indah sekali…

Semoga amalan ibadah kita di bulan Ramadhan kemarin diterima Allah SWT, dan semoga nilai ketakwaan kita meningkat selama 11 bulan kedepan serta semoga dipertemukan kembali di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Amin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriyah.

Mohon Maaf Lahir dan Batin!

Tinggalkan Balasan

