Second Day; To Kuala Lumpur

6 Oktober 2009

Conference, Culture Shock…

05:30
Bangun subuh terus tidur barang 15 menit lalu mandi hehehe😛 .

06:00
Menuju ke tempat kos Okta untuk menjemput Fifi dan Anis, lalu ke Hotel Istana Raja di Kuala Lumpur dengan naik teksi, abis 50 RM.

06:00 ~ 7.00
Menuju Kuala Lumpur, tidur-tiduran… hitung-hitung menyimpan energi untuk nanti. Ada juga yang mempersiapkan presentasi; baca-baca materi: Anis, Fifi, dan Digit.

08:00
Akhirnya sampe juga.. pas di tempat konferensi, ternyata bertemu alumni UAI satu angkatan selain Helmi, Aris Munawar… wah ternyata dia jadi panitia konferensi Defence and Security Technology Conference (DSTC). Lumayan bisa reunian🙂 .

Tapi… ternyata untuk ikut konferensi mesti bayar sejumlah $ 200.. waduh.. gak keduga.. kirain masuk gratis. Bah.

Akhirnya diem saja, gak tau mo masuk, boleh apa tidak. Huhu dah datang jauh-jauh juga. Tapi kata Aris boleh-boleh aja masuk, fiuh untung deh ada panitia bekas UAI, satu angkatan lagi hehe😉 .

Awalnya gak enak, sebab yang lain dah punya tagname sendiri-sendiri sedang saya satu-satunya tidak memakai tagname.

Tapi para panitia malah menyuruh masuk padahal saya tidak ada tagname, katanya si gapapa karena sebentar lagi acara akan dimulai. Ya udah masuk aja saya ahahaha😀 . Eh.. ternyata ada menteri pertahanan Malaysia.. pantessan😛 .

09:00 ++
Makan pagi gratis, lumayan. setelah itu ikut konferensi. Agak bosen juga disini… semuanya memakai bahasa inggris, udah gitu suaranya kecil-kecil lagi sehingga terdengar seperti berbisik-bisik. Padahal sudah memakai alat bantu dengar… Tauk deh… akhirnya malah kantuk-kantuk…

Malu juga si.. soalnya ada kamera, nanti klo sampe kesorot lagi tidur ato angop, bisa keliatan semua peserta yang hadir….

11:00 ++
Pak Ary Syahriar datang, ternyata kesan awal saya tentang beliau sejak dulu (galak, seram) langsung hancur. Ternyata beliau ramah dan suka bercanda. Barangkali beliau senang karena ada anak-anak elektro disini apalagi ketemu alumni yang sekarang sedang kuliah master S2.

13:00 ++
Setelah makan siang yang gak seru… sebenarnya sih gratis juga, cuman katanya hanya untuk peserta DSTC, sementara saya gak ada tagname jadi takutnya nanti malah disuruh bayar.. so makan sushi + wasabi (alamak pedasnya wasabi.. tapi pedasnya dihidung bukan di lidah…) dan buah-buahan, gak pake nasi.. huhu padahal makanan berlimpah ruah… tapi gara-gara itu selera makan hilang… T_T

13:30
Solat di surau. Pintunya ternyata seperti pintu Star Trek, pintu geser otomatis. Di sini sempat salah ngomong, ada orang nanya, “Where is surau?”, saya jawab spontan, “didalam”…. beberapa saat mereka bingung… lalu saya menyadari kesalahan saya, lalu bilang: “inside”. Ahahahaha… lupa klo lagi di luar negeri…

Abisnya si klo liat orang-orang di Malaysia pada mirip muka-muka Indonesia.. Memang si ada orang-orang Afrika, Arab, Thailand, Eropa, dan lain-lain…

Sungguh saya masih kagok menghadapi perbedaan budaya dan bahasa… jadi bingung menghadapi itu semua…. :”( .

14:00 ++
Jalan-jalan ke Twin Towers, menara Petronas yang terkenal itu. Bersama temen-temen (eh ada Suci… hahaha reuni lagi ni) dan pak Ary. Lengkap dah…

Ohya ada berita keren, setelah break dan abis presentasinya Fifi dan Anis, mereka dipertemukan oleh pak Ary, seorang Doktor. Alhamdulillah mereka mendapat tawaran untuk beasiswa S2 di universitasnya.

Si Anis malah didatangi mula-mula satu peserta yang tertarik dengan presentasinya, bahkan sampai pejabat pertahanan Malaysia juga tertarik bertanya-tanya pada Anis…. wah jadi ikutan bangga ni..🙂 . Judulnya klo gak salah si.. “RFID for Monitoring Military Equipment”.. mantap dah.

Selain menyusuri jalan-jalan menuju KLCC (Kuala Lumpur City Centre), tempat dimana ada Twin Towers, kita solat di mesjid terdekatnya, lupa namanya apa… Tapi disinilah tempat satu-satunya yang membuat saya tenang dan lega… Karena biarpun bertemu sekian banyak orang yang berbeda-beda bangsa dan bahasa, tetapi dalam bacaan solat tetap satu, bahasa Arab dan Al-Quran…

Subhanallah, sungguh indah klo bisa bersatu seperti ini.. bahkan bisa salaman terhadap bangsa yang berbeda dengan senyum.. sungguh suatu momen berharga…🙂 .

21:00 ++
Akhirnya pulang kembali ke tempat masing-masing naik trens subway lalu sambung naik trens KTM (Keretapi Tanah Melayu) ke Serdang. Dah gitu naik mobil yang dibawa temen Aris dan Helmi.

Omong-omong tentang subway… bener-bener seperti di film holywood, stasyennya ada pintu yang hanya akan terbuka jika trens melewatinya. Dan PAS. Gak terlewat satupun… jadi penasaran dengan sistem subway ini… benar-benar melewati terowongan loh… mantap dah.. Andai Jakarta diterapkan subway juga… secepatnyalah.. gak usah banyak ngemeng…

Kata Helmi, layanan trens dan bas (bis ala Malaysia, yang berhenti setiap halte gak pernah sembarangan berhenti kayak sistem angkutan umum di negara kita), tutup jam 10. Jadi sama aja kayak di negara kita juga, busway tutup jam 10 juga… Makanya sepulangnya gak memuaskan kala itu, soalnya jadi hanya sempit waktunya untuk jalan-jalan, sementara siangnya mesti konferensi.

Ohya, temennya Helmi dan Aris ini orang asing, dia aktif berbahasa inggris.. sialnya dia nanya saya dengan bahasa inggris, sementara saya masih culture shock.. gak bisa berbicara apa-apa… huhuhu susah dah berkomunikasi di Malaysia, salah-salah kacau… saya sebenarnya ingin mandiri bisa berkomunikasi tetapi malah tergantung… huhuhu… :”( .

Tapi alhamdulillah sampai juga di asrama Helmi, mandi dan solat Isya seperti biasanya…. tidur… Zzz… z….

Notes:

  1. Alhamdulillah dah dapat converter colokan (pinjam punya Helmi), dengan begini bisa charger hp dan kamera yang dah mulai habis baterenya.. Siip deh… abis dah lobi-lobi Helmi buat itu, soalnya gak seru klo besok gak bisa motret-motret hehehe😀 .
  2. Siapkan diri untuk perbedaan budaya dan bahasa, biar gak culture shock..

——————————–

Seri Jalan-jalan Malaysia:

1. Hari pertama.

3. Hari ketiga.

4. Hari terakhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: