Filosofi Kaktus

Kaktus. kak·tus n tumbuhan yg termasuk suku Cactaceae, berbatang hijau lunak (berdaging) dan berduri, biasanya tumbuh di daerah panas dan kering; (KBBI).

Kaktus memiliki duri-duri di tubuhnya, ada duri yang kaku dan ada pula yang lemas jika disentuh. Kaktus dapat bertahan hidup tanpa air selama berminggu-minggu. Hal itu dikarenakan dia memiliki morfologi yang unik dimana dari morfologi tersebut dia dapat mengurangi laju penguapan air.

Morfologi apa? Yaitu tidak atau jarang memiliki daun, memiliki lapisan lilin, serta di gurun memiliki akar yang panjang-panjang.

Sebenarnya kaktus memiliki daun, hanya saja daun tersebut termodifikasi menjadi duri. Khusus tanaman pot, kaktus memiliki akar yang pendek, hal itu dikarenakan dalam pot sudah disiram secara teratur sehingga akar tidak perlu mencari-cari lagi (alias menjadi panjang-panjang).

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kaktus. Mari kita bicarakan filosofinya.

Jika Anda menyirami kaktus dan memberi pupuk setiap hari, niscaya dalam waktu dekat kaktus akan mati mengenaskan (alias busuk). Namun jika Anda jarang menyiram dan jarang memberi pupuk, niscaya kaktus justru hidup happy, tumbuh gembira, dan malah berbunga, kalau sudah betah dengan lingkungannya.

Dengan kata lain, jika kaktusnya disayang-sayangin berlebihan malah mati, jika disayangin dengan cukup malah hidup happy.

Ada seorang manusia yang jika disayangi justru bersikap acuh tak acuh, sulit berkembang. Jika dicueki atau kurang diperhatikan malah dapat mengembangkan dirinya. Artinya, jika terlalu menyayangi dan protektif terhadap manusia tipe kaktus, maka dia tidak bisa berkembang. Jika disayangin dengan cukup, atau tidak terlalu protektif dia dapat berkembang dengan baik. Malah kalau sudah nyaman sering memberikan penghargaan yang tak terduga.

Kaktus menyimpan air dalam jumlah yang banyak dalam tubuhnya, hal itu untuk menjaga dirinya dari kekeringan. Dan dia memiliki perlindungan berupa duri agar tidak dimakan oleh binatang-binatang, selain sebagai sarana mengurangi laju penguapan.

Sama seperti manusia, manusia melindungi hatinya dengan bersikap kasar kepada manusia yang lain. Yang demikian itu, agar tak ada yang mencoba-coba menyakiti hatinya.

Gak ngerti? Jadi gini…. dahulunya manusia itu mampu mencintai dan menyayangi manusia-manusia lain, namun salah satu manusia lain itu menyakiti hatinya sehingga hatinya terluka, sehingga akhirnya dia melindungi dirinya dengan bersikap kasar terhadap yang lain agar tidak merasakan lagi yang namanya sakit hati.

Begitulah kaktus. Jika disayangi, malah mati. Jika dicuekin, malah hidup. Jika disayangi, dikasih durinya (lah iya.. coba aja elus-elus kaktus pasti dapat duri ditanganmu😀 ). Jika dicuekin, malah berbunga.

Apakah Anda termasuk tipe manusia kaktus?

1000 Needles!

Notes: Apapun manusia itu, yang penting gw asyik berkebun kaktus😀 . Beli kaktus lagi ah hehehe😀 . Ayo mari bertanam kaktus😉 .

20 Komentar (+add yours?)

  1. kiminuklir
    Jul 09, 2010 @ 19:37:04

    saya tipe bunga matahari,, hehe…

    ada tuh tmen saya yg kaktus bgt😀

    salam kenal ^^

    Balas

    • Arkden
      Jul 09, 2010 @ 19:42:38

      Makasih…🙂 . Salam kenal juga. Hehe bisa dijelaskan tipe bunga matahari kayak apa😛 . Tipe Kaktus awal-awalnya menyebalkan, tapi klo dah kenal enak😀

      Balas

      • kiminuklir
        Jul 09, 2010 @ 20:40:10

        hhmm…. kapan2 saya jelasin lewat posting-an, hehe…
        (ngeles… belum kepikiran padahal….):mrgreen:

      • Arkden
        Jul 09, 2010 @ 20:42:53

        Heheh ditunggu loh! Klo saya sih mesti pelihara bunga matahari dulu biar bisa buat filosofinya😛

      • kiminuklir
        Jul 09, 2010 @ 20:53:50

        waaw…
        sapertinya saya juga harus riset dulu, ga bisa cepet2,,
        hehe
        insya alloh, jadi berasa tertantang buat nulis ttg kepribadian bunga matahari nh..😀

  2. ellen
    Jul 09, 2010 @ 19:44:52

    oh ini maksud dr avatar lo yg kadang2 pake gambar kaktus…=). wah gw stuju bgt sm filosofi nya dan analogi lo ke manusia. keren2. mantab gan! think m d’one of that kaktus persons…hihihihihihihihihihii

    Balas

    • Arkden
      Jul 09, 2010 @ 19:52:13

      😀 ehehe sekarang jadi ngerti kan? Hehe makasih gan! Hehehehe😀 kaktus persons is surely fun actually😉

      Balas

  3. Lan
    Sep 12, 2012 @ 16:45:28

    kerenn😀

    Balas

  4. Denita L
    Okt 27, 2012 @ 10:49:54

    Aku hidup seperti kaktus.

    Jadi pengen beli tanaman kaktus. ^^

    Balas

  5. Zahra
    Jul 11, 2013 @ 15:01:39

    Ijin Copy ya …

    Balas

  6. ida
    Okt 05, 2013 @ 19:12:47

    kaktus itu terlihat menyakitkan, nyatanya dia indah

    Balas

  7. Linda Azzahra
    Des 25, 2013 @ 11:10:18

    Keren….^_^

    Balas

  8. kaktus
    Jan 14, 2014 @ 22:01:36

    Mantabsz

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: