Ranting Patah; Tips-tips Mengatasinya ala Gw

Patah hati.

Ternyata saya manusia biasa yang bisa patah hati. Teringat kata-kata seorang temen: “Ohh ternyata kamu manusia toh. Bisa patah hati juga loh.” Entah sinis ato gimana tuh. Yang pasti saat mendengarnya, baru sadar gw klo selama ini emang gak pernah menampakkan ekspresi muka patah hati gw kemana-mana alias kayak robot😀 (sotoy gw).

Setelah mandi lalu ke kantor. Kerja. Interaksi ke supervisor dan bos-bos. Ada wartawan yang datang. Setelah selesai, pulang. Mandi. Pas liat sikat gigi, barulah saya tersadar. Aku lupa gosok gigi di pagi hari…. …. … ironisnya gak cuman sekali (wataw) .

Baca koran. Majalah. Buku. Setelah lembar demi lembar atau satu kalimat baris demi baris, baru sadar saya tidak mengerti alur ceritanya. Kok bisa begini sih karakternya. Terpaksalah baca ulang lagi  .

Ohhh gitu toh yang namanya patah hati to? Jadi memang betul tuh gak enak. Kini saya jadi mengerti lagu-lagu bertema patah hati, selama ini gw dengernya kok lebay gitu lagu-lagunya. Tapi walau gitu, saya tetep ga demen dengar lagu-lagu bertema patah hati, karena hanya membuat semakin patah aja hatinya😦 . Mendingan denger lagu-lagu seperti Liberi Fatali Final Fantasy VIII, Destati Kingdom Hearts, Symphony no.7 Beethoven, atau L’arc n Ciel.

Pada suatu hari, tiba-tiba saya tertawa. Hahahaha. Hidup ternyata memang dinamis. Dengan patah hati justru saya menemukan apa yang hilang dari diri saya. Dengan patah hati pula saya malah menganggap hidup ini lebih menarik. Aneh bukan? Tapi itulah yang saya pikirkan.

Di saat sedang sedih-sedihnya, Allah memberikan hiburan dari arah yang tak disangka-sangka. Saya masuk ke sampul buku loh. Begitu juga masuk di foto sebuah artikel Kompas Online😀 . Klik aja, dan silahkan mencari-cari dimanakah saya berada😉 . Mengenai sampul buku, saya ada di sampul buku Wisata Kota Tua Jakarta karya Edi Dimyati. Silahkan mencari dan meneliti :D . Klik gambar untuk melihat dalam ukuran besar, dan silahkan zoom untuk mencari-cari saya😀 .

Selain itu saya bersyukur bahwa setelah patah hati ini saya masih utuh; tidak kurang. Kan sering ada cerita kecelakaan karena patah hati, bunuh diri karena patah hati, dsb. Juga ada teman-teman yang selalu mendukung. Teringat waktu kondangan seorang teman yang hanya mengundang sedikit teman termasuk salah satunya saya.

Setelah kondangan, saya langsung upload foto nikahannya. Dan apa yang terjadi? Temen-temen mendoakannya seraya memprotes kenapa ga diundang. Bahkan ada seorang teman yang sampe nanya langsung ke saya kenapa dia ga undang dia (yang nanya ini)? Sewaktu dijelaskan bahwa mungkin dia ngundang dikit karena hanya makan-makan aja, bukan resepsi apalagi di hari kerja, tapi temenku itu mengatakan bukan poin makan-makannya, tapi niat mengundangnya, mengenai apakah bisa datang atau enggak itu persoalan lain.

Dari situ saya dapat pelajaran penting, teman-teman sebetulnya perhatian hanya saja mereka memiliki kesibukannya sendiri di dunianya, begitu tahu bahwa mereka tidak dilibatkan dalam acara penting (seperti kondangan) mereka marah/kecewa karena tidak masuk bagian dari kebahagiaan teman yang berbahagia itu apalagi tidak ada niat mengundang.

Bahkan disaat patah hati ini, ada teman yang memperhatikan bahwa ada yang aneh pada diriku ini. Gak seperti biasanya. Kemudian diberi beberapa nasehat. Jadi intinya berkat dukungan teman-temanlah saya bisa melalui era patah hati itu.

Selain itu masih banyak lagi cinta-cinta di dunia ini, seperti cinta terhadap Allah, saudara-saudara, kucing, ikan, serangga, dan banyak lagi. Iya kan begitu?

Lalu saat membaca Al Quran, saya serasa menemukan jawaban yang menenangkan hati:

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakkal”. (Q.S. At Taubah [9]: 51).

Jika mereka berpaling, maka katakanlah: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arasy yang agung“. (Q.S. At Taubah [9]: 129).

Maka, tak ada alasan bagiku untuk terus tidur dalam mimpi patah hati. Saatnya untuk bangun dari mimpi buruk. Dengan pemikiran baru, semangat baru. Jadilah aku…

Reborn Anew. Light the Fire again!!

Tips Mengatasi Patah Hati Ala Gw:

1. Iman kepada Allah SWT.

Ini sudah pasti, maka seharusnya setelah patah hati imanmu bertambah. Kalau tidak, maka perbanyak amallah dan usahalah agar iman kepada Allah SWT dapat terus terjaga, apapun yang terjadi.

2. Bersyukur telah patah hati.

Engkau yang telah patah hati, bersyukurlah, karena ternyata engkau masih hidup hari ini. Masih utuh anggota badanmu. Padahal ada orang lain disana yang karena patah hati sampai kena kecelakaan karena melamun. Wahai engkau yang patah hati, bersyukurlah, dengan pengalaman patah hati ini, engkau jadi lebih hati-hati mengelola perasaanmu dan berusaha agar tidak menyakiti orang lain (khususnya pada istri/suamimu kelak) karena engkau telah merasakan sakitnya patah hati.

3. Jangan sekali-kali menyakiti orang yang membuatmu patah hati dan jangan memutuskan silaturahmi.

Di saat patah hati, jangan sekali-kali mengikuti godaan untuk menyakiti hati orang yang telah membuat patah hati! Hal itu hanya akan membuatmu terus sakit didalam hatimu. Apa yang akan kau dapat dari menyakitinya? Pikirkanlah. Apa yang akan kau dapat dengan menyakitinya? Selain putusnya tali silaturahmi yang Allah dan Rasul-Nya sangat keras melarang, dia pun akan semakin menjauh dari dirimu dan selamat Anda telah berhasil menambah satu musuh. Pikirkanlah!

Dari Abu Hurairah ra berkata, saya mendengar Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya perbuatan anak cucu adam diperlihatkan pada setiap kamis malam jumat, maka tidak akan diterima amalnya orang yang memutus tali silaturahmi.” (HR Ahmad).

Selain itu ada pula firman Allah yang berbunyi:

“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? mereka Itulah orang-orang yang dila’nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka.” (Q.S. Muhammad [47]: 22-23).

Masih banyak lagi, silahkan cari sendiri.

Dan jangan pula untuk menghapusnya dari Facebook, Friendster, Twitter, bahkan nomor teleponmu, karena seperti hadis dan Al-Quran diatas, hal itu merupakan percobaan untuk memutuskan tali silaturahmi. Kelak jika dilakukan, nanti engkau akan menyesal sendiri. Percayalah. Satu kunci untuk mengatasi godaan tersebut, sabar dan tahan. Klo perlu, tidak aktif disemua media sosial tersebut untuk menenangkan diri. Saya percaya engkau pastilah orang kuat, bukankah Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa orang yang kuat itu bukanlah ototnya, tapi kuat menahan amarahnya?

Orang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat tetapi orang kuat adalah yang mampu menahan nafsu amarahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Berdoa untuk kebahagiaanmu dan kebahagiaannya juga.

Kekuatan sebagai seorang hamba Allah adalah pada doanya, maka berdoalah untuk kebahagiaanmu. Engkau berhak untuk mendapat kebahagiaanmu setelah patah hati. Berdoalah yang baik-baik untuk dirimu, Allah itu Maha Mendengar, pasti setiap doamu didengarkan. Masalah dikabulkan itu hanyalah soal waktu. Perhatikanlah adab-adab agar mempermudah dikabulkannya doa.

Dan jangan lupa untuk berdoa untuk kebahagiaannya juga, bukankah setiap muslim itu bersaudara? Dengan mendoakannya, justru akan membantu dirimu agar keluar dari jeratan sakitnya patah hati. Membantu dirimu agar ikhlas. Cobalah.

5. Kamu tidak kalah tapi menang.

Yup. Patah hati ditinggal sang kekasih hati atau baru putus/cerai dari sang pujaan hati seringkali membuatmu merasa tiada berharga. Dirimu merasa kalah total. Tapi tahukah engkau? Sesungguhnya engkau tidak kalah, tetapi justru menang. Dengan putus/cerai justru kau memberikannya jalan untuk menggapai kebahagiaannya. Dia bahagia dengan orang lain, maka itulah jalannya. Lebih baik daripada jika masih bersamamu, mukanya muram dan sering bertengkar, bukankah dalam situasi itu merupakan kekalahan karena tidak berhasil membuatnya bahagia? Pikirkanlah. Hanya masalah sudut pandang Anda saja.

Ohya ada baiknya jangan mendengarkan lagu-lagu bertema patah hati, karena hal itu justru membuatmu dalam kondisi parah. Ibaratnya sudah terluka dikasih tusukan lagi sehingga bertambah parah sakitnya. Selain itu membuat dirimu jadi merasa kalah sekalah-kalahnya. Lebih baik mendengarkan lagu bertema kebangsaan, ceria, religius, atau instrumental klasik. Buat dirimu jadi seorang pemenang!!

6. Jangan segera mencari penggantinya.

Karena didalam situasi patah hati seringkali dikendalikan oleh emosi, tidak logika, maka langsung menggaet siapa saja hanya untuk melupakannya. Ketahuilah, bahwa langkah ini hanya akan menyeretmu ke masalah yang lebih besar. Hanya merupakan pelarian. Penggantinya mungkin mencintaimu, tapi apakah engkau benar-benar mencintainya? Bagaimana kalau ternyata tidak? Maka Anda berhadapan tidak hanya pada dia, tapi juga kakak-adiknya, keluarganya bahkan teman-temannya sehingga menempatkan kamu dalam situasi serba salah. Cobalah pikirkan dampaknya.

Janganlah mencoba-coba untuk melupakannya, karena pasti akan teringat terus. Tapi biarkanlah berlalu, nanti pada suatu waktu kau akan bosan dan mulai sibuk dengan segala kegiatan insya Allah tak akan terpikirkan. Tips jika Anda muslim, bacalah zikir subhanallah, alhamdulillah, Allahuakbar, laa hawla walaa quata illa billaah berkali-kali. Insya Allah akan mendinginkan pikiran Anda.

Ada baiknya saya mengutip salah sahabatku, “jika kamu mencintainya selama 6 bulan, maka jangan tambahkan 3 bulan sehingga menjadi 9 bulan. Jika kamu mencintainya selama 8 tahun, maka jangan tambahkan 1 tahun sehingga menjadi 9 tahun”. Kata-kata ini cocok khusus untuk yang sudah lama cinta tapi tidak tercapai atau pacaran lama lalu putus atau setelah putus masih juga mencintainya. Pada akhirnya kamulah yang memutuskan mau dibawa kemana cinta Anda, mau diteruskan atau berhenti?

7. Saatnya mencari kegiatan baru! Membuat kebahagiaan versi kamu sendiri.

Jika selama ini selalu bersama-sama dengan si dia sehingga tidak memiliki waktu untuk sendiri ataupun bersama teman-teman, maka saatnya untuk melakukannya! Ketahuilah, otakmu itu memiliki banyak pintu-pintu yang saat ini kamu baru membuka 3 pintu, sedangkan masih banyak pintu-pintu lain yang masih tertutup. Maka tugasmu adalah membuka sebanyak mungkin pintu-pintu itu sehingga dengan terbukanya banyak pintu-pintu itu maka otakmu akan terasa segar dan tercerahkan serta membuka pikiran-pikiran baru yang sebelumnya tak terpikirkan.

Caranya? Buatlah kegiatan baru! Jika selama ini kau suka membaca novel, maka kembangkan dengan menulis novel! Jika selama ini kau suka jalan-jalan maka kembangkanlah dengan mengikuti komunitas-komunitas jalan-jalan atau menjadi backpacker! Jika kau sudah hobi berkebun, maka buatlah hobi baru dengan mengoleksi action figure!

Banyak jalan untuk menggapai kebahagiaan, hanya masing-masing nilai kebahagiaan itu berbeda-beda pada setiap orang lain, maka tentukanlah apa nilai kebahagiaan itu menurut kamu sendiri. Jangan pedulikan apa kata orang lain, sebab yang merasakan kebahagiaan itu yaa kamu sendiri, kebahagiaan versi kamu sendiri, kebahagiaan orisinal khusus untuk dirimu.

8. Berbagi kesenangan kepada yang lain.

Dengan berbagi kesenangan kepada yang lain akan membuat efek kebahagiaan menjadi berlipat ganda, apalagi kalau mereka mengapresiasimu dengan positif. Jika engkau hendak jalan-jalan, cobalah untuk mengajak teman-teman untuk bergabung. Jika sudah hobi mengoleksi action figure, cobalah ikut komunitas action figure untuk berbagi dan mencari ilmu merawat action figure agar jadi bernilai tambah. Masih banyak lagi jalan lain untuk berbagi, ayo ayo berbagi🙂 .

9. Ucapkan Alhamdulillah jika sudah lolos.

Jika sudah merasa terlepas dari patah hati, maka ucapkanlah alhamdulillah agar Allah Yang Maha Mensyukuri Hambanya memberikan syukuran padamu berupa ketenangan hati, dan jodoh pengganti dirinya. Dan saya pun mengucapkan selamat buat Anda yang telah sukses melewati hari-hari kelam dalam episode hidup Anda🙂 . Jangan lupa untuk berbagi kisah kesuksesan Anda ke komentar dibawah ini yak, saya ingin sekali mengetahui kisah kesuksesan Anda🙂 .

Sekian tips gw, semoga bermanfaat bagi Anda yang patah hati!

2 Komentar (+add yours?)

  1. ninie
    Jan 24, 2011 @ 15:15:24

    Bagoooossss sekaliiii……yups patah hati bkn akhir segalanya, keep fighting😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: