Daftar Museum disekitar Busway TransJakarta

Berikut ini adalah daftar museum-museum yang dekat dengan halte-halte busway TransJakarta atau yang bisa diakses dengan kombinasi naik kendaraan yang terdekat dengan Busway TransJakarta ataupun jalan-kaki. Kata yang diberi tanda kurung ( ) merupakan nama lain dari museum yang sering disebut sedangkan kalimat yang diberi tanda kurung [ ] merupakan penjelasan tambahan untuk dapat mencapai lokasi. Disertakan juga gambar peta yang disertai arahnya yang ditandai warna kuning yang ada dot-dot merah, klik gambar untuk melihat lebih jelas.

*Postingan ini akan diperbaharui sesuai dengan perkembangan yang ditemukan*

Koridor I: Blok M – Kota

1. Halte Monas:

– Museum Nasional (Museum Gajah atau Museum Arca), berjarak sekitar ± 0.5 kilometer.

Museum Nasional - Koridor I (Blok M - Kota)

Museum Nasional – Koridor I (Blok M – Kota)

– Museum Monas [jalan kaki terlebih dahulu, karena Monas ditutup pagar, berjarak sekitar ± 1,07 kilometer].

Museum Monas - Koridor I (Blok M- Kota)

Museum Monas – Koridor I (Blok M- Kota)

2. Halte Sawah Besar

Museum Taman Prasasti [naik Mikrolet 08 arah pasar Tanah Abang, tanya supirnya untuk lewat kantor Walikota Jakarta Pusat, turun di pintu masuk kantor Walikota, sebelah pintu masuk itulah Museum Taman Prasasti].

3. Halte Mangga Besar

– Museum Arsip Nasional (berjarak sekitar ± 0.21 kilometer).

Museum Arsip Nasional - Halte Mangga Besar, Koridor I (Blok M - Kota)

Museum Arsip Nasional – Koridor I (Blok M – Kota)

4. Halte Kota [ambil pintu keluar halte menuju Pasar Pagi Asemka]

– Museum Bank Mandiri, berjarak sekitar ± 0.01 kilometer.

– Museum Bank Indonesia, berjarak sekitar ± 0.13 kilometer.

– Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), berjarak sekitar ± 0.39 kilometer).

– Museum Wayang, berjarak sekitar ± 0.38 kilometer.

– Museum Seni Rupa dan Keramik, berjarak sekitar ± 0.52 km.

Museum-museum di Kota - Koridor I (Blok M - Kota)

Museum-museum di Kota – Koridor I (Blok M – Kota)

– Museum Bahari [naik Mikrolet M015 dari arah Museum Bank Mandiri, turun di Pelabuhan Sunda Kelapa, jalan kaki sebentar ke arah menara berwarna merah (patokannya depannya ada gedung Galangan VOC), lalu melewati Pasar Ikan maka akan sampai ke museumnya, berjarak sekitar ± 0.21 kilometer].

Museum Bahari – M015

Koridor III: Harmoni – Pulogadung

1. Halte Balaikota

– Museum Monas, berjarak ± 1.17 kilometer.

Museum Monas - Koridor III (Harmoni - Pulogadung)

Museum Monas – Koridor III (Harmoni – Pulogadung)

2. Halte Kwitang

– Museum Kebangkitan Nasional (Gedung Ex-Stovia) [nyebrang ke arah kiri jalan halte, lalu jalan kaki masuk ke jalan Doktor Abdul Rahman Saleh yang merupakan jalan satu arah kendaraan, ikuti saja jalannya nanti ketemu museumnya, berjarak ± 0.32 kilometer].

Museum Kebangkitan Nasional - Koridor III (Harmoni - Pulogadung)

Museum Kebangkitan Nasional – Koridor III (Harmoni – Pulogadung)

– Museum Gedung Joeang 45 (nyebrang ke arah kanan jalan halte, lalu jalan kaki menuju Tugu Tani, lalu ambil arah kiri jalan menuju Menteng lalu ikuti jalannya nanti akan ketemu museumnya, berjarak sekitar ± 0.92 kilometer).

Museum Gedung Joang 45 - Koridor III (Harmoni - Pulogadung)

Museum Gedung Joeang 45 – Koridor III (Harmoni – Pulogadung)

Koridor V: PGC – Ancol (bisa juga naik busway ekspress dari Harmoni dengan jurusan PGC).

1. Halte Pal Putih

– Museum Sumpah Pemuda, berjarak sekitar ± 0.11 kilometer.

Museum Sumpah Pemuda - Koridor V (PGC - Ancol)

Museum Sumpah Pemuda – Koridor V (PGC – Ancol)

2. Halte Salemba UI

– Museum MH Thamrin [jalan melewati pasar Kenari lalu masuk ke jalan Kenari 2 lalu ikuti jalan sampai ketemu museumnya, berjarak sekitar 0.62 kilometer].

Museum MH Thamrin - Koridor V (Ancol - PGC)

Museum MH Thamrin – Koridor V (Ancol – PGC)

Koridor VIII: Harmoni – Lebak Bulus

1. Halte Petojo

Museum Taman Prasasti (setelah keluar dari halte, nyebrang jalan ke kanan, lalu jalan kaki menuju ke Jalan Tanah Abang I, jika menemukan belokan pertama, belok ke kanan jalan lalu lurus terus sampai ketemu museumnya, berjarak sekitar ± 0.45 kilometer).

Museum Taman Prasasti - Koridor VIII

Museum Taman Prasasti – Koridor VIII


Koridor-koridor busway yang tidak disebutkan diatas, sampai saat ini belum ditemukan museum yang terdekat di koridor-koridor tersebut. Nantikan perbaruan postingan ini, karena memang ada rencana akan mengelilingi dan berkunjung ke museum bermodalkan busway, angkot, dan jalan kaki. Ayoo mari kita ke Museum!! Cintailah sejarah, ingat kata Bung Karno: Jasmerah (Jangan sekali-kali melupakan sejarah).

———————————————-

=Update Perubahan=

14/05/2012 Menambahkan link Museum Taman Prasasti untuk melihat ulasan museumnya.

31/07/2011 Menambahkan beberapa peta lokasi museum dan halte serta arah jalan dan perkiraan rata-rata jaraknya.

23/02/2011 Koreksi kesalahan halte (Museum MH Thamrin) dan menambahkan sedikit detail arah jalan (Museum MH Thamrin, Museum Taman Prasasti, Museum Kebangkitan Nasional dan Museum Joang 45).

21/02/2011 Postingan pertama.

13 Komentar (+add yours?)

  1. Diah Dzihrina
    Apr 04, 2011 @ 09:00:15

    gw pengen ke museum prasasti belum kesampaian euy…

    Balas

    • Arkden
      Apr 04, 2011 @ 12:08:39

      Wah dua minggu yang lalu baru aja diadain acara jelajah Museum Taman Prasasti oleh komunitas Sahabat Museum…

      Kesananya gampang kok, mo kesana? Ayuk gw anterin tar gw jelasin sebagian kecil nisan-nisan yang ada disana.

      Balas

  2. Karel
    Mei 07, 2012 @ 16:28:57

    Asik,.. makasih info.a,..

    kami pecinta sejarah G.Y.M,.. selalu menjelajah semua tempat2 bersejarah yang ada di jabodetabek,..

    Balas

  3. Karel
    Mei 10, 2012 @ 13:57:53

    bukan GYM tapi GTM,..😀
    kemarin salah ketik.😀

    GoToMuseum.🙂 awal.a cuma sekedar berkunjung ajh ke salah satu museum di jakarta, lama-kelamaan jadi ketagihan untuk menjelajah ke tempat2 bersejarah,.. baru ke Satria Mandala, Monas, Semua museum yg ada disekitaran kota tua.

    Ka, numpang tanya kalo mau gabung sama komunitas sahabat museum bagaimana caranya?

    Balas

    • Arkden
      Mei 11, 2012 @ 16:14:32

      Hehe typo ternyata😀
      Btw ada kata “kami”, GTM itu termasuk komunitas? Dari mana ya? Pengen ikutan jalan-jalan juga😀

      Oh gampang, ikut acara PTD (Plesiran Tempo Doeloe) nanti otomatis dianggap anggota. Ato ikut milis yahoogroups di SahabatMuseum@yahoogroups.com.

      Balas

      • Karel
        Mei 12, 2012 @ 08:33:35

        hehehe,..
        Ea, ka GTM itu komunitas Kecil2an yg baru beranggotakan 15 orang,.. Dari SMA Yadika13 Tambun-Bekasi,.. pengen bgt ka,.😀

        Nah, Acara PTD itu adanya kapan dan dimana?

      • Arkden
        Mei 12, 2012 @ 13:11:52

        Oh ternyata semacam ekstrakurikuler yak? Sayangnya ane ga bisa gabung dong hehe😀

        Ikut aja milisnya, sering diberitakan acara PTD kapan dan dimana. Klo ada acara, terus tarifnya murah, ikut aja kali tar ketemu gw di sana terus nampil di blog fotonya hehehe😀

        ________________________________

      • Karel
        Mei 16, 2012 @ 17:37:21

        ea, semacam ekstrakulikuler,.. Tapi kita berdiri sendiri,.. tanpa campur tangan dari sekolah,..

        #iya,.. udah ikut milisnya,.. oke GTM siap meluncur,..

  4. Cuni Candrika
    Jan 17, 2015 @ 14:59:08

    Mau nambahin..

    Di deket halte transjak gatot subroto jamsostek koridor 9 ada museum satria mandala🙂

    Balas

  5. linda
    Apr 20, 2016 @ 13:54:48

    Maaf kalau mau ke national galery of indonesia naik busway bisa gk ya ? Dan trun nya dmna kalau bisa ?

    Balas

    • Arkden
      Sep 26, 2016 @ 17:30:12

      Sebelumnya minta maaf karena baru balas sekarang >.<

      Bisa, tergantung naik dari halte mana dulu🙂 Klo dari halte Pulogadung bisa naik busway koridor 2 jurusan ke Harmoni, nanti turunnya di halte Gambir 1, lalu jalan kaki sedikit sudah sampai🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: