Seri Mahluk Fantasi: Kraken

Di samudra biru, berlayarlah sebuah kapal. Hari itu cuaca cerah, perairan tenang, angin pun tidak bertiup kencang. Para awak kapal melakukan aktifitas biasa-biasa saja.

Tiba-tiba ada sesuatu keluar dari lautan. Semacam tentakel. Tentakel itu menghantam layar, kemudian muncul tentakel-tentakel yang menghinggap bagian-bagian kapal. Beberapa tentakel itu melilit tiang-tiang layar kapal. Lalu mahluk bawah laut itu menarik kapal ke kedalaman laut. Entah bagaimana nasib para awak kapal itu, dimakan ataukah tenggelam.

Demikian ilustrasi bagaimana kapal diserang monster laut yang terkenal di kalangan para pelaut: Kraken. Kraken, monster laut yang sering dikatakan memiliki bentuk seperti gurita atau cumi-cumi yang memiliki ukuran raksasa. Walau demikian adapula yang mendeskripsikan bentuknya serupa dengan paus atau kura-kura raksasa.

Kraken aslinya dari cerita rakyat Norwegia dimana sering diceritakan kejadian tenggelamnya kapal oleh nelayan Norwegia. Konon ikan-ikan sering suka berkumpul di dekat Kraken dan ini jadi penanda pada waktu itu jika ada nelayan yang berhasil menangkap banyak ikan-ikan maka dia sebenarnya sudah dekat-dekat dengan Kraken!

Konon Kraken itu sebenarnya adalah cumi-cumi raksasa yang benar-benar ada di dunia nyata. Hal itu dapat kita lihat detailnya di laman http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/06/legenda-kraken-sang-penguasa-lautan.html.

Kraken pernah dipakai dalam dunia fiksi fantasi salah satunya adalah Pirates of Caribbean: Dead Men’s Chest dan Clash of Titans: Movie. Di dalam Caribbean, Kraken dibawah kontrol Davy Jones dimana dia menggunakan Kraken untuk menghancurkan kapal-kapal yang mengganggu Davy Jones.

Pada Clash of Titans terbagi dua versi dimana Clash of Titans buatan tahun 1981, Kraken berperan sebagai penghukum Perseus oleh dewi Thetis sementara buatan tahun 2010, Kraken yang dibawah pengaruh dewa Hades dikirim untuk menghancurkan kota Argos. Disini Kraken ditampilkan memiliki gigi-gigi yang tajam dan tubuhnya seperti perpaduan badan manusia dengan tentakel-tentakel.

Pada manga dan anime Saint Seiya pernah menampilkan Kraken tetapi hanya dalam bentuk armor yang dipakai oleh Isaac salah satu dari tujuh General Marine yang dipimpin oleh Poseidon, sempat pula ditampilkan bayangan Kraken dalam beberapa scene pertarungan Hyoga melawan Isaac.

Demikianlah Kraken yang ane temui dalam dunia fiksi fantasi. Salam Kalfa! [Ya]2

—–

Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Kraken

2. http://www.unmuseum.org/kraken.htm

3. http://www.mythicalrealm.com/creatures/kraken.html

4. http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/06/legenda-kraken-sang-penguasa-lautan.html

5. http://clash-of-the-titans.wikia.com/wiki/Kraken

6. http://en.wikipedia.org/wiki/Kraken_(Pirates_of_the_Caribbean)

7. http://saintseiya.wikia.com/wiki/Kraken_Isaac

——–

Tulisan ini saya buat khusus untuk Komunitas Kalfa, silahkan masuk ke www.facebook.com/groups/kalfa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: