Mainan Tak Biasa: Saint Cloth Myth

Saint Cloth Myth (selanjutnya disingkat SCM) adalah seri mainan action figure produksi Bandai yang didasarkan pada manga dan anime serial Saint Seiya karya Masami Kurumada. Keunggulan mainan ini adalah dapat memasangkan jubah (cloth) di tubuh boneka figure atau jubahnya dibentuk menyerupai objek sesuai konstelasi bintangnya. Ketinggian rata-rata figure SCM sekitar 15 cm walau ada juga yang agak besar sedikit seperti Taurus Aldebaran.

SCM Siren Sorrento

SCM Siren Sorrento

Mainan ini sebetulnya sudah dipasarkan sejak tahun 1986 dimana seri pertama yang dikeluarkan adalah 5 bronze saints seperti Pegasus Seiya, Cygnus Hyoga, Dragon Shiryu, Andromeda Shun, dan Phoenix Ikki. Bentuk awalnya bertubuh besar serupa robot. Saat jubah dipakaikan sehingga membentuk badan yang sangat besar sehingga benar-benar menyerupai robot gundam ala Saint Seiya. Benar-benar tidak mirip sama sekali dengan manga dan animenya. Selain itu jubahnya tidak benar-benar menutupi tubuh figure.

Pegasus Seiya V2 Vintage

Pegasus Seiya Vintage

Pada tahun 2003 dikeluarkan 5 bronze saints baru dan berbeda desainnya sebagai perayaan 12 tahun Saint Seiya dan kemunculan film Original Video Animation Saint Seiya Hades Chapter pada tahun 2003. Penampakan Seiya dan kawan-kawan kini lebih proporsional dan tidak robotik. Desain jubah sudah didesain ulang sehingga saat dikenakan sudah seperti di anime dan manganya.

Setelah peluncuran 5 bronze saints berturut-turut diluncurkan semua tokoh yang muncul di animasi dan manga Saint Seiya. 12 gold saints (Aries Mu, Taurus Aldebaran, Gemini Saga, dll), silver saints (Lyra Orphee, Ophiucus Shaina, Lizard Misty, dll), three judges (Wyvern Rhadamantys, Garuda Aiacos, dan Griffin Minos) dari seri Hades, seri Poseidon (Siren Sorrento, Scylla Io, Kraken Isaac, dll), seri Odin, steel saints, seri gods (Poseidon, Hades, Thanatos, dll), dan banyak lagi.

SCM Sagittarius Aiolos

SCM Sagittarius Aiolos

Pada tahun 2007 Bandai meluncurkan seri baru: SCM Appendix. Seri ini ditujukan untuk menampilkan setengah figure layaknya patung. Walau demikian bagian-bagiannya dapat dipakaikan ke figure SCM sehingga menjadi bernilai tambah. Apalagi bagian muka gold saints rata-rata kaku dan tidak sesuai aslinya sehingga muka versi original dapat diganti dengan versi Appendix. Sehingga dapat dikatakan kalau Appendix adalah perbaikan kekurangan versi original.

Lihatlah perbedaannya dengan gambar Sagittarius Aiolos sebelumnya

SCM Appendix Sagittarius

Pada SCM ini penampilannya sudah bagus namun pergerakan figure-nya terbatas, tak dapat menengok kiri-kanan dengan bebas, tangan tak dapat bergerak bebas, serta tak dapat jongkok sekalipun. Walaupun ada Appendix namun dirasa tak memadai karena perbaikannya tidak akan menyeluruh maka mulai tahun 2011 Bandai melalui anak perusahaannya, Tamashii Nations, mengeluarkan seri baru yaitu SCM EX yang mengubah desain figure secara drastis sehingga seri baru ini dapat diposekan dengan merdeka bahkan disertakan pilihan muka yang variatif dalam paketnya. Sisi buruknya adalah harga yang agak mahal untuk seri ini.

Saint Cloth Myth EX: Gemini Saga

Saint Cloth Myth EX: Gemini Saga

Selain itu juga diluncurkan seri SCM Crown yang berukuran dua kali lipat dari tinggi normal SCM yaitu berukuran 30 cm. Keunggulan lainnya, detail jubah sudah bertambah. Lebih banyak bagian-bagian yang ditutupi dengan utuh, dan tentunya lebih cantik daripada ukuran normal SCM. Saat ini baru diluncurkan satu mainan yaitu Sagittarius Seiya. Tentu saja dengan ukuran 30 cm harganya pun menjadi satu juta rupiah ke atas.

Saint Cloth Crown: Sagittarius Seiya

Saint Cloth Crown: Sagittarius Seiya

Selain itu ada juga pendukung seperti Display Stand Base yaitu tempat untuk membuat action figure mampu berdiri dengan stabil sehingga tak perlu kuatir jatuh. Untuk melakukan pose gaya yang lebih variatif dapat digunakan stand base yang khusus yang disebut Display Stand Base EX sehingga mainan figure jadi lebih bergaya dan mampu melakukan suatu aksi yang berbeda. Tinggal menggunakan daya imajinasi sejauh mana figure-nya dikreasikan seperti pada gambar di bawah ini.

Poseidon vs Hades

Poseidon vs Hades

Tingkat kesulitannya beragam namun rata-rata kesulitannya terletak pada pemasangan jubah tangan dan tangan itu sendiri. Oleh karena itu disarankan saat memasang jubah ke figure terlebih dahulu untuk memasang bagian tangannya, kuatirnya jika dilakukan terakhir bagian-bagian jubah akan terlepas terutama bagian pinggang seperti pengalaman penulis.

Pada umumnya tingkat kesulitan akan menaik saat jubahnya semakin tertutupi ke figure. Semakin detail jubah semakin rumit pemasangannya. Seperti pengalaman seri gods, Thanatos dan Hades dimana penulis agak kesulitan memasang di tangan dan susah mengganti posisi tangan. Oleh karena itu disarankan untuk membaca baik-baik manual yang disertakan dan dibayangkan. Apabila diperlukan melihat youtube untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti patahnya jubah (ingat harga SCM apalagi seri gods termasuk mahal).

Bagaimana dengan Anda? Apakah suka dengan mainan Saint Seiya?

Trivia:

1. Dari segi penamaan sebenarnya lebih tepat disebut Saint Myth Cloth karena mainan ini lebih fokus pada cloth (jubah). Kalau Saint Cloth Myth berarti lebih ke arah myth (mitos) seperti buku.

2. Setiap dewa-dewi memiliki nama pengikutnya tersendiri. Untuk pengikut Athena disebut saint, pengikut dewa laut Poseidon disebut marine. Sedangkan pengikut dewa Hades disebut spekter. Menariknya seri Saint Cloth Myth menggunakan nama “saint” padahal seri SCM sudah meluncurkan spekter Hades dan marine Poseidon.

3. Sebutan pakaian besi pada marine Poseidon memiliki sebutan tersendiri yaitu scale. Khusus spekter Hades disebut surplice. Hanya para saint Athena yang menyebut pakaian besinya dengan sebutan cloth (di dub anime Saint Seiya versi Indonesia diterjemahkan menjadi jubah). [Ya]2

——————————————————————————————————————————

Referensi:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Saint_Seiya_Myth_Cloth

2. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3970560

3. http://www.saintseiyagallery.com/index.php?module=photoshare&func=viewallfolders

4. http://tamashii.jp/item/category.php?eid=00020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: