SCM: Pandora

Pandora

Pandora

Pandora, wanita yang mendampingi Hades dalam serial Saint Seiya episode Hades. Wanita berbaju hitam ini digambarkan berhati dingin dan sangat protektif melindungi adiknya, Hades. Selama absennya Hades di dunia, Pandora mewakili Hades dalam mengatur urusan perang suci terhadap Athena. Bisa dikatakan bahwa dia adalah tangan kanannya Hades.

Sebagai tangan kanan Hades, Pandora pun memiliki tombak trisula yang dapat memanggil dan mengendalikan orang serta mengeluarkan listrik. Selain itu Pandora memiliki kalung yang dapat dipergunakan untuk dapat memasuki Elysion. Sayangnya karena kalung inilah dia dibunuh oleh Thanatos. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Pandora, silahkan melihat manga Saint Seiya di bagian Hades atau menonton anime OVA Saint Seiya The Hades Chapter Sanctuary dan Inferno.

Oke sekarang kita lihat action figure SCM Pandora yang dibuat oleh Bandai. Penampilan kotaknya seperti pada gambar dibawah ini.

Kotak SCM Pandora

Kotak SCM Pandora

Penampilan kotaknya bernuansa ungu, sesuai dengan konsep spekter Hades yang berwarna ungu di Saint Seiya. Warna yang mengesankan misterius, sesuatu yang jahat, dan aura kelam. Sangat sesuai dengan kepribadian Pandora juga, karena masa lalunya pun kelam.

Pada logo SCM Pandora yang dipakai adalah logo patung wanita yang memegang lingkaran pada tangan kanan dan tombak di tangan kiri. Patung ini sebenarnya tidak menjadi object cloth karena Pandora sendiri tidak memakai cloth khusus. Alih-alih daripada itu, patung itu sebenarnya adalah patung Istana Judecca di neraka Inferno (silahkan lihat Saint Seiya The Hades Chapter Inferno). Istana Judecca sendiri adalah tempat berdiamnya Pandora selama di neraka Inferno sekaligus tempat penghubung antar neraka Inferno dengan surga Elysium.

Istana Judecca

Istana Judecca

Selanjutnya kita lihat bagaimana isi kotak SCM Pandora. Isinya ada figure, dua pasang tangan alternatif, wajah mata menutup, dua kalung, pelindung leher, tombak, dan dua stel baju. Yang menarik ada harpa besar, dan tempat duduknya. Uniknya figure pandora ditampilkan dalam keadaan telanjang. Bandai tampaknya tidak memberikan sehelai benang satu pun pada tubuhnya atau sekurangnya diberi warna seperti halnya figure SCM lainnya.

Isi SCM Pandora

Isi SCM Pandora

Tentu SCM tak akan menarik jika tidak ada bonus yang disertakan. Pada SCM Pandora ini disertakan bonus yang cukup menarik yaitu empat stand base berwarna hitam lengkap dengan stiker nama. Satu stand base untuk Pandora sendiri, tiga lainnya diperuntukkan Three Judges alias Wyvern, Griffin, dan Garuda. Pada masing-masing stand juga disediakan pin berlogo bintang Hades.

Bonus stand base

Bonus stand base

Oke sekarang kita lihat pergerakan figure Pandora. Pergerakannya relatif terbatas jika dibandingkan dengan figure lainnya (dalam hal ini saya perbandingkan dengan SCM Ophiucus Shaina, karena sama-sama wanita juga satu-satunya figure wanita yang saya punyai). Pada Shaina memiliki sendi-sendi yang banyak sehingga pergerakannya relatif fleksibel bahkan posisi menyilangkan kaki pun bisa. Pada Pandora, sayangnya, hanya memiliki pergerakan terlalu minim yaitu pada tangan, kaki, dan kepala.

Perbandingan Figure

Perbandingan Figure

Sekarang kita lihat detail figure Pandora. Bagian depan sudah digambarkan cukup baik seperti di animenya. Bagian belakang tertutup dengan rambutnya yang panjang. Pewarnaan rambut Pandora ini cukup bagus kualitasnya, ada kilauan ungu keputihan yang pas sehingga mengesankan kilaunya rambutnya yang indah.

Bagian depan

Bagian depan

Bagian Belakang

Bagian Belakang

Fitur khusus yang ada di figur Pandora adalah tangan dan kakinya bisa memanjang. Hal ini tak ada pada figur Shaina tentunya. Fitur ini berguna untuk menampilkan tangan dan kaki pada saat memakai baju.

Tangan dan Kaki Extended

Tangan dan Kaki Extended

Saatnya Pandora beraksi! Bagaimana kalau Pandora memegang tombaknya? Ayo aja dipasang. Baju yang diberikan ada dua, baju yang ada pada Saint Seiya The Hades Chapter Sanctuary dan baju sehari-hari yang ada pada Saint Seiya The Hades Chapter Inferno. Cara memakaikan baju termasuk mudah, hanya melepas empat kancing yang ada dibelakang baju lalu ditutup kembali baju tersebut dengan kancing. Supaya lebih mudah lagi, tangan dan kepala dicopot terlebih dahulu sebelum memakaikan baju.

Memakai Baju

Memakai Baju

Pada aksesoris berupa kalung yang sudah tetap, alias tidak fleksibel. Bagian ini saya kurang suka, lebih baik fleksibel agar pemasangan aksesoris dan pengaturannya bisa menjadi lebih realistis. Satu-satunya bagian tersulit adalah pemasangan pelindung leher, saya sudah memasang sampai ke bawah leher dengan sedikit kencang namun pelindung leher selalu naik keatas tiap kali memasang kepalanya, akibatnya posisi pelindung leher agak berubah dimana seharusnya bagian depannya itu bersimbol bintang namun bergerak ke arah kiri atau kanannya.

Di bawah ini adalah foto-foto Pandora yang sedang berakting. Satu foto yang memakai stand, yang lainnya tidak pakai. Ohya pada stand khusus Pandora, hanya perlu memasang di bagian paha, posisi standnya cukup tersembunyi karena tertutup roknya yang besar.

Stand base untuk Pandora

Stand base untuk Pandora

Pandora dan tombaknya

Pandora dan tombaknya

Memetik Harpa di Kebun

Memetik Harpa di Kebun

Pandora dan Hades

Pandora dan Hades

Pandora Melindungi Hades

Pandora Melindungi Hades

Oke sekian. Sebetulnya ingin memasukkan Three Judges juga, namun agak repot mengeluarkan mereka dari kotaknya masing-masing. Akhirnya menggunakan Hades Shun yang cukup simpel, posenya juga diatur agar duduk saja heheh.

Trivia:

1. Logo Pandora pada kotak SCM Pandora itu ternyata mirip dengan patung Monumen Atjeh. Patung Monumen Atjeh sama-sama memegang lingkaran bulat di tangan kanan dan tombak di tangan kiri. Monumen Atjeh ini dahulu pernah ada di Indonesia tempatnya di Wilhemina Paark, Batavia (posisi sekarang di area Masjid Istiqlal). Monumen ini merupakan peringatan bahwa perjuangan kolonial Belanda yang akhirnya berhasil menguasai Aceh setelah melalui perang yang berlangsung berdarah dan berjangka waktu lama. Pada masa sekarang keberadaannya sudah tidak didapati lagi karena Monumen Atjeh sudah dihancurkan.

Logo SCM Pandora

Logo SCM Pandora

Monumen Atjeh

Monumen Atjeh (Scott Merrilless, gambar dari buku Greetings from Jakarta: Postcards of Capital 1900 – 1950).

2. Pandora kecil pada cerita Saint Seiya membuka kotak yang disegel Athena sehingga memicu kejadian buruk yang menimpa diri Pandora dan dunia. Pandora ini terinspirasi dari mitologi Yunani dimana Pandora membuka kotak terlarang oleh para dewa sehingga menyebarkan wabah dan kejahatan ke seluruh dunia.

————————————————————————————————————————————————

Referensi:

1. Merrilleess, Scott. Greetings from Jakarta: Postcards of Capital 1900 – 1950. Equinox Publishing: 2012.

2. http://www.greetingsfromjakarta.com/specs/

3. http://www.theoi.com/Heroine/Pandora.html

4. Anime Saint Seiya The Hades Chapter Inferno.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: