Anime Festival Asia Indonesia 2012

Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2012 sudah berlalu dari tanggal 1 dan 2 September 2012. Kali ini saya akan menceritakan sedikit mengenai festival berskala internasional ini karena saya hanya membeli tiket kelas ekshibisi/pameran bukan kelas pameran plus stage apalagi kelas konser. Sebelum mulai terlebih dahulu kita mengenal sedikit apakah itu AFA.

Logo AFA Indonesia

Logo AFAID

Anime Festival Asia (AFA) adalah suatu acara pergelaran festival yang bertema anime dan manga Jepang, biarpun begitu terkadang ada game Jepang juga. Pertama kali diadakan pada tahun 2008 di Singapura oleh SOZO Entertainment yang didukung Dentsu Singapore yang kemudian menjadi sukses karena merupakan acara pertama yang bertema anime dan manga Jepang di kawasan ASEAN. Sejak saat itu diselenggarakan AFA setiap tahun, pada tahun ini Indonesia dan Malaysia untuk pertama kalinya mengadakan acara AFA.

Dalam hal acara khususnya di Indonesia, AFA ID memiliki berbagai macam acara yang secara garis besarnya terbagi tiga bagian. Pertama konser I love Anisong, konser ini mendatangkan penyanyi Jepang langsung seperti 7!!, bless4, Ichiro Mizuki, LiSA, Angela, Kotoko, dan Stereophony. Kedua pameran, berisi pameran yang berkaitan dengan anime, manga dan sedikit game Jepang. Ada juga stand makanan disini. Terakhir panggung (stage), berhubung saya hanya membeli tiket kelas pameran jadi saya tidak tahu seperti apa acara panggung ini, maaf.

Mengapa saya tidak membeli tike pameran plus panggung? Selain harga tiket yang lumayan mahal (Rp. 125.000), juga tak diperbolehkan foto-foto dan merekam di dalamnya. Selain itu tanggal penyelenggaraannya masih tanggal tua, tanggal 1 dan 2 September 2012 yang jatuh pada hari Sabtu dan Minggu sedangkan tanggal muda bagi saya adalah pada hari kerja minggu pertama dimana gaji sudah turun. Harga tiket pameran sendiri dijual Rp. 50.000 well lumayan untuk acara kelas internasional. Tiket konser? Bervariasi mulai dari Rp. 350.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.

Tarif Tiket AFAID 2012

Tarif Tiket AFAID 2012

Untuk bagian konser dan panggung, saya skip pembahasannya karena memang tidak mengikuti. Kata teman untuk konser sangat memuaskan karena ada penyanyi yang ternyata sang penyanyi asli lagu opening Zankoku Na Tenshi no TE-ZE dari anime Neon Genesis Evangelion, adapun panggung kata teman yang lain sangat bagus karena ada orang asing yang ber-cosplay dan juga ada banyak booth kelas internasional daripada kelas pameran.

Sebagai catatan, saya datang pada hari Minggu tanggal 2 September dan acara ini diadakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Secara lokasi menurut saya tidak strategis, mengapa? Untuk mencapainya agak susah kecuali dengan naik kendaraan pribadi dan ojek serta taksi. Kendaraan umum ada namun sangat jarang yang melewati JIE.

Pertama-tama dari halte busway Jembatan Merah (koridor V jurusan Ancol – Kampung Melayu), harusnya ada angkot yang menuju JIE namun setelah saya menunggu agak lama tidak datang-datang juga, yang ada angkot sehabis dari JIE cukup sering. Akhirnya saya jalan kaki mencari ojek, sebetulnya sih jalan kaki sampai JIE bisa juga karena menurut peta seharusnya tidak jauh dari halte Jembatan Merah namun tampaknya mata saya tertipu peta atau memang cuaca begitu teriknya akhirnya perjalanan terasa jauh sekali sehingga diputuskan naik ojek hahaha.

Oke sudah sampai ke tempat tujuan, tapi suasana begitu sepi sekali seolah-olah tiada acara apa-apa bahkan tiada spanduk yang menyatakan ada acara AFAID di dalamnya. Pantas saja jika tukang ojeknya sampai mengernyitkan keningnya saat saya menyebut tempat tujuan. Dengan perasaan was-was namun nekad saya masuk ke dalamnya. Ternyata ingar bingar baru terasa, tapi tempat tiketnya masih jauh dan baru tahu klo ternyata yang saya masuki ini adalah pintu alternatif, pintu utama ada di arah jalan yang lain (pantas saja sepi, tampaknya panitia kurang mempersiapkan diri dalam hal tiketing dan spanduk di sisi pintu lain dimana saya masuk).

Cosplay

Cosplay

Terlepas dari kekurangan minor itu tampak ramai cosplayer berjalan hilir mudik. Klo saya lihat tampangnya tampaknya lokal walau begitu dari sisi kostum cukup detail dan berani. Iya berani karena ada cosplayer yang menampilkan buka-bukaan sehingga menarik perhatian utamanya fotografer. Dari keterangan teman sebelumnya, katanya hari pertama sebenarnya jauh lebih ramai lagi. Konon antrian tiket bisa mencapai 3-4 jam (untungnya saya ga mengalami dan melihat antrian seperti itu di hari kedua). Tempatnya juga tidak mampu menampung para pengunjung. Oke mari kita buktikan sekarang.

Cosplayer Matahari

Cosplayer Matahari

Setelah memasuki kelas pameran lumayan ramai namun tidak padat masih cukuplah untuk bisa jalan-jalan leluasa. Ada booth Multi yang menjual berbagai macam figure anime, manga, dan game Jepang, booth Good Smile Company yang menampilkan berbagai macam produk figure keluarannya, booth makanan jepang seperti takoyaki, nasi goreng ala jepang, dan berbagai makanan snack jepang lainnya, ada pula booth yang menarik perhatian saya, maid dan butler cafe bernama Moe Moe Kyun Maid Cafe dan Atelier Royale Butler Cafe.

Figure Saber Fate Zero dari Smile Company

Figure Saber Fate Zero dari Good Smile Company

Kedua booth ini sangat ramai antriannya dan panjang pula tadinya saya ingin masuk namun dengar-dengar dari pengantri harus membayar Rp. 150.000 per porsi. Demi mendengar penuturannya, saya mundur teratur dengan tegap. Lebih disayangkan pula tidak diperbolehkan memfoto mereka, bahkan saat saya mencoba memfoto ditutup-tutupi satpam seolah-olah saya ini paparazzi. Hollywood banget ini hehehe. Berdasarkan percakapan dengan teman, didapati info bahwa harga menu Rp 150.000 adalah omelet telur (yang bisa dimasak di rumah). Well yang dijual ini adalah pelayanan cafe bukan makanannya…

Siap antri ke Maid Cafe dan Butler Cafe?

Siap antri ke Maid Cafe dan Butler Cafe?

Selepas dari antrian dan kekecewaan akhirnya saya melihat senyum yang manis seorang wanita. Senyumnya lumayan menghapus rasa sedih dari tuduhan paparazi oleh satpam. Perkenalkan inilah artis grup penyanyi asal Singapura bernama Sea☆A. Saya sendiri tak tahu banyak tentang grup penyanyi ini, mendengar lagunya pun belum pernah. Namun sekurangnya tampangnya seperti permata-permata yang berkilau dari kesuraman kelas pameran ini. Sayangnya tidak bisa berjabat tangan karena hanya untuk penonton yang menonton konsernya.

Sea☆A

Sea☆A

Selepas dari acara penandatangan dan jabatan dengan personel Sea☆A , ternyata ada event lain di suatu sudut pameran. Acara permainan kartu bernama Cardfight!! Vanguard. Kelihatannya seru namun saya tiada mengerti aturan mainnya, lebih tertarik memainkan YuGiOh!! karena pernah memainkan game versi PC-nya namun saya memilih hobi yang lain karena membeli kartu pun cukup lumayan harganya selain tiada lawan yang punya kartu originalnya.

Cardfight!! Vanguard

Cardfight!! Vanguard

Setelah membeli minuman, saya memutuskan untuk tak membeli makanan well karena lagi tongpes kantong plus gaji belum turun, diputuskan untuk keluar dari arena pameran karena tiada lagi yang menarik dilihat. Ternyata di luar sudah ramai dengan cosplayer dan beberapa diantaranya mengadakan acara sendiri seperti menyanyi ala penyanyi jalanan Harajuku.

Gangnam Style? Nope

Gangnam Style? Nope

Dari sini arahnya mulai seru, mulai banyak berkumpul-kumpul para cosplayer memeragakan gayanya masing-masing. Banyak yang meminta cosplayer untuk difoto. Yang menarik dari panitia AFAID mengarahkan para cosplayer untuk foto dan rekaman bareng-bareng. Saya? Hanya mencoba mengikuti gaya fotografer panitia resmi AFAID, well not bad, eh. Selamat menikmati tiga foto berikut.

Andromeda versus Loki (?)

Andromeda versus Capricorn …eh Loki…

Moe Moe Cosplayers

Moe Moe Cosplayers

???

???

Oke sekian, tidak banyak bicara lagi. Hanya tiga jam saya di sana, kali lain harus mempersiapkan nominal duit yang lumayan dan lokasi harus di tempat lain selain JIE. Big No No untuk JIE, panas dan tidak strategis. Saya percaya acara ini akan diselenggarakan lagi di tahun depan karena target pengelola yaitu mencapai seribu pengunjung per hari sudah tercapai. “Tahun depan mungkin September-Oktober lagi. Tapi belum nentuin venue, harus lebih luas lagi venuenya.” ujar salah satu penyelenggara AFA ID, Sarjono Sutrisno di Antara. Well that’s good news, at least no JIE. Sampai jumpa AFAID!

Upss lupa bilang, harga figure Saint Cloth Myth rata-rata kena diskon sampai 60 % loh. Ada barang rare pula, hahahaha lumayan😀

—————————————————————————————————————————————

Referensi:

1. http://cf-vanguard.com/en/event/afa-indonesia-2012/

2. http://www.animefestival.asia/afaid/about_afa.html

3. http://www.antaranews.com/berita/330715/ribuan-pengunjung-padati-anime-festival-asia-indonesia-2012

4. http://id.wikipedia.org/wiki/Anime_Festival_Asia

Tinggalkan Balasan

