Menjelajah Dunia Final Fantasy (Final Fantasy XI Online)

Logo Final Fantasy XI

Logo Final Fantasy XI

Final Fantasy XI Online adalah game seri Final Fantasy ke-11 yang pertama kalinya memasuki dunia MMORPG dimana kita akan menjadi diri sendiri dalam dunia bertema khas Final Fantasy secara waktu-nyata. Jika saat memainkan Final Fantasy I sampai dengan X kita sudah membayangkan seperti apa diri kita di dunia fantasi. Ingin naik Chocobo sebebasnya atau melawan Behemoth demi sebuah tantangan. Bertemu orang-orang lintas ras yang berbeda-beda, menjadikannya sebagai teman-teman lalu bersama-sama menyelamatkan dunia. Mungkin menemukan belahan hati juga sehingga hidup terasa berwarna.

Nah Anda tak perlu lagi membayangkan lagi karena Final Fantasy telah memberikan Anda kesempatan untuk mengalami sendiri dalam seri ke-11. Dunia tidak lagi bersifat flat tetapi dinamis. Cerita selalu berkembang, selalu ada petualangan baru yang menanti untuk dipecahkan. Jika sebelumnya mengalahkan musuh perlu satu strategi jitu untuk menghadapinya, kini tak perlu lagi karena ada banyak cara untuk mengalahkannya. Bahkan terkadang perlu keroyokan satu guild untuk melawannya. Tergantung bagaimana Anda berinteraksi dan memainkannya.

Final Fantasy XI resmi dibuka layanan online sejak tanggal 16 Mei 2002 di Jepang kemudian menyebar ke seluruh dunia pada tahun 2004. Dimulai dengan seri original kemudian pada perkembangannya diluncurkan Expansion Pack dan Add-on Pack yang berisikan cerita dan beberapa fitur baru. Bahkan belum lama diumumkan Square Enix bahwa akan ada Expansion Pack terbaru berjudul Seekers of Adoulin yang akan diluncurkan pada tanggal 27 Maret 2013 nanti. Menariknya masih menyediakan versi PlayStation 2 padahal PlayStation 2 boleh dikatakan sudah hampir mati dengan tiadanya game-game baru yang dirilis khusus PlayStation 2. Sayangnya versi PlayStation 2 ini hanya untuk pasaran Jepang saja, di luar Jepang akan dirilis versi PC dan XBOX 360 saja.

Ilustrasi Final Fantasy XI

Ilustrasi Final Fantasy XI

Game ini tidaklah gratis karena per bulan harus membayar biaya langganan ke layanan Square Enix bernama PlayOnline sebesar $ 11.95 untuk masa 30 hari. Selain itu tentunya memerlukan jaringan internet yang stabil untuk dapat memainkannya. Persyaratan hardware PC game ini termasuk ringan pada hari-hari terakhir ini, mengingat ini adalah game lama. Minimal Windows XP, Pentium III, memori 128 MB, kartu grafis NVIDIA GeForce 32 MB, dan kapasitas HDD 9,5 GB (tidak termasuk expansion dan add-on pack) sudah dapat menjalankannya apalagi dengan komputer generasi baru sudah terasa lancar tanpa lag.

Kini telah ditemukan cara untuk dapat memainkannya secara online tanpa membayar biaya bulanan. Dengan cara menyediakan server private yang terpisah dari jaringan PlayOnline. Server private ini disediakan oleh orang-orang yang ingin memainkan Final Fantasy XI dengan bebas tanpa perlu terbebani dengan biaya bulanan. Orang-orang ini berkumpul dalam suatu wadah yang bernama komunitas FFXIFree.

Lima Ras dalam Final Fantasy XI

Lima Ras dalam Final Fantasy XI

Walau bebas biaya bulanan tetap memerlukan jaringan internet yang stabil dan kuat untuk mengunduh update yang memerlukan waktu berjam-jam. Pengalaman saya memerlukan waktu 9 jam untuk menginstall dan update data, waktu ini pun bervariasi tergantung kekuatan jaringan internet dan kapasitas PC. Kalau jaringan internetnya terputus, saya ragu ada fasilitas resume yang disediakan oleh game ini. Ohya untuk dapat memainkan Final Fantasy XI bebas biaya bulanan hanya ada di platform PC Windows saja.

Jika masih terasa keberatan dalam hal mengunduh data berjam-jam, saran saya mainkanlah Final Fantasy XII karena sistem permainannya mengambil model seperti MMORPG tapi tidak perlu online untuk memainkannya juga tak perlu membayar bulanan. Untuk Final Fantasy XII akan saya bahas di lain waktu (kalau ada kesempatan menulis hehe).

Cara menginstall Final Fantasy XI dan bebas biaya bulanan sudah diberikan dari komunitas FFXIFree namun sepertinya ada yang kurang karena pada pelaksanaannya sempat ada kesulitan. Rencananya nanti saya buat tutorial step-by-step agar memudahkan pemula, insya Allah. Perlu saya ingatkan kembali, proses penginstalan dan update data membutuhkan waktu setidaknya 9 jam, mungkin dalam kasus Anda memerlukan waktu lebih tergantung kapasitas PC dan jaringan internet. Maka bersiaplah! Dan selamat bermain!

FFXI - Kekalahan Shadow Lord

FFXI – Kekalahan Shadow Lord

==============================================================================================

Referensi:

1. http://ffxifree.com/forum/forum.php

2. http://ffxifree.com/forum/showthread.php?1-How-To-Download-And-play-Final-Fantasy-XI

3. http://www.playonline.com/ff11us/index.shtml

4. http://en.wikipedia.org/wiki/Massively_multiplayer_online_role-playing_game

5. http://finalfantasy.wikia.com/wiki/Final_Fantasy_XI

——————————————————————————————————————————-

Dipersembahkan untuk Komunitas Kalfa. Kalfa itu apa? Kalfa adalah tanda tanya. Silahkan klik gambar di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Komunitas Kaldera Fantasi

2 Komentar (+add yours?)

  1. bagoesyasha
    Feb 18, 2013 @ 12:27:50

    jadi pengen cepet2 maen, hehehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: