Filosofi Program: Validasi Variabel

Anda hendak mememasukkan tanggal kelahiran ke pendaftaran sekolah yang ada di suatu situs. Dikatakan dalam situs tersebut format tanggal adalah DD/MM/YYYY dimana D adalah tanggal, M adalah bulan, dan Y adalah tahun. Anda memasukkan tanggal 10/90/1990 ke dalamnya, situs tersebut menampilkan pesan error yang menyatakan bahwa nilai bulan tidak boleh lebih dari 12. Bagaimana itu terjadi?

Lagi

Iklan

Filosofi Ikan

Engkau melihat berbagai macam ikan-ikan dalam akuarium. Bergerak hilir mudik dengan sifatnya yang berbeda-beda. Ada yang agresif, ramah, dan pendiam. Mereka berenang dengan cara yang berbeda-beda pula.

Ikan sumatera berenang dengan memanfaatkan sirip tangan dan sirip ekor, ikan black ghost berenang dengan menggunakan siripnya yang mirip seperti pisau bergelombang, ikan pipa berenang seperti halnya ikan kuda laut menggunakan sirip punggung yang selalu bergerak, ikan buntal berenang dengan menggerakkan sirip punggung dan sirip tangannya yang bergerak seperti helikopter, bahkan ada ikan synodontis yang Lagi

Filosofi Topeng

Belum lama ini saya mengunjungi Museum Nasional di bilangan Jalan Merdeka, saya melihat ada koleksi topeng-topeng yang terpajang disana. Berbagai rupa ekspresi wajah yang ditampilkan, ada yang marah, sedih, datar, menyeringai, dan tanpa ekspresi. Ada pula berbentuk wajah manusia, kera, monster. Begitu banyak macam rupa topeng-topeng yang dipamerkan.

Topeng-topeng

Topeng-topeng

Saat memandang lama suatu topeng bermuka baik, teringat ane kata-kata seorang teman bahwa dia itu orangnya baik, suka menolong, perhatian, dan lemah lembut suaranya saat berbicara. Saat pandangan berpindah ke topeng bermuka marah, teringat kata-kata teman yang lain mengenai bahwa dia pemarah, suka berkata menyakitkan, kasar, dan sikapnya tidak sopan santun. Kemudian berpindah memandangi topeng datar, kembali teringat kata-kata teman yang berbeda lagi bahwa dia biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Begitu berbedanya mengenai Lagi

Kematian dan Kelahiran serta Sejarah

Manusia lahir mendapatkan nama. Manusia mati meninggalkan nama.

Manusia mati, lahir manusia baru.

Cerita berakhir muncul cerita baru.

Segala kenangan manusia yang tertinggal menjadi sejarah.

Segala peninggalan manusia yang tertinggal menjadi artifak.

Demikianlah dunia terus berputar, sejarah terus dituliskan.

(Anonimus, 2011)

————————————————————————————————————————————————-

Belum lama ini, tanteku dari pihak ibu datang ke Jakarta menemani putrinya -yang notabene saudari sepupuku- yang akan bekerja di Jakarta. Tante meminta saya untuk melihat foto-foto maluku. Maksud maluku adalah nama suatu jalan di Semarang tempat tempat tinggal nenek dulu sekaligus rumahnya. Dari foto-foto itulah, ane jadi teringat bapak dan ibu serta nenek. Didalam foto-foto tersebut ada bapak dan ibu masa mudanya, dan juga nenek yang masih aktif dan hidup. Mereka kini sudah tiada, foto-fotonya pun sudah tidak ada yang baru.

Mereka sudah lama meninggalkan dunia ini, sehingga sejarahnya pun berakhir saat kepergian mereka. Titik. Yang tersisa hanyalah kenangan yang jika dituliskan menjadi Lagi

Insya Allah: Janji atau Basa-basi?

Alkisah saat saya berinteraksi kepada seseorang di dunia maya. Akhirnya disepakati untuk kopi darat di suatu mall. Sebelum hari yang disepakati itu, dia sms saya untuk memastikan apakah besok jadi ketemuan atau tidak. Saya bilang insya Allah saya akan datang. Dibalas dengan sengit, “nih bro bener-bener serius apa gak? Klo besok ternyata ga ada kan gw gimana???”. Kagetlah bukan kepalang saya, baru kali ini ada yang kasih kritikan keras hanya karena saya mengucapkan insya Allah….

Saat pertemuan ternyata diketahui bahwa dia adalah non-muslim, sehingga rasanya masuk akal kalau dia tidak mengetahui arti sebuah insya Allah yang sesungguhnya, akhirnya saya jelaskan bahwa dalam Islam diwajibkan apabila berjanji harus mengucapkan insya Allah karena kadang-kadang saat kita berusaha memenuhi janji ada halangan yang tak terhindarkan seperti misalnya kematian, kecelakaan, dan lain-lain, setelah dijelaskan barulah dia mengerti…

Saat saya meminta bantuan teman untuk membuatkan suatu desain, dia berkata insya Allah besok. Besoknya tidak ada kabar, maka lusa saya tanyakan Lagi

Ranting Patah; Tips-tips Mengatasinya ala Gw

Patah hati.

Ternyata saya manusia biasa yang bisa patah hati. Teringat kata-kata seorang temen: “Ohh ternyata kamu manusia toh. Bisa patah hati juga loh.” Entah sinis ato gimana tuh. Yang pasti saat mendengarnya, baru sadar gw klo selama ini emang gak pernah menampakkan ekspresi muka patah hati gw kemana-mana alias kayak robot 😀 (sotoy gw).

Setelah mandi lalu ke kantor. Kerja. Interaksi ke supervisor dan bos-bos. Ada wartawan yang datang. Setelah selesai, pulang. Mandi. Pas liat sikat gigi, barulah saya tersadar. Aku lupa gosok gigi di pagi hari…. …. … ironisnya gak cuman sekali (wataw) .

Baca koran. Majalah. Buku. Setelah lembar demi lembar atau Lagi

Filosofi Kaktus

Kaktus. kak·tus n tumbuhan yg termasuk suku Cactaceae, berbatang hijau lunak (berdaging) dan berduri, biasanya tumbuh di daerah panas dan kering; (KBBI).

Kaktus memiliki duri-duri di tubuhnya, ada duri yang kaku dan ada pula yang lemas jika disentuh. Kaktus dapat bertahan hidup tanpa air selama berminggu-minggu. Hal itu dikarenakan dia memiliki morfologi yang unik dimana dari morfologi tersebut dia dapat mengurangi laju penguapan air.

Morfologi apa? Yaitu tidak atau jarang memiliki daun, memiliki lapisan lilin, serta di gurun memiliki akar yang panjang-panjang.

Sebenarnya kaktus memiliki daun, hanya saja daun tersebut termodifikasi menjadi Lagi